Sakinah, Syarifah (2015) PENGARUH METODE PROYEK TERHADAP KETERAMPILAN SOSIAL ANAK USIA 5-6 TAHUN KECAMATAN MEDAN-SUNGGAL T.A 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.
1103113056 COVER.pdf - Published Version
Download (54kB) | Preview
1103113056 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (772kB) | Preview
1103113056 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (94kB) | Preview
1103113056 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (132kB) | Preview
1103113056 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
1103113056 DAFTAR GAMBAR..pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
1103113056 BAB I.pdf - Published Version
Download (259kB) | Preview
1103113056 BAB V.pdf - Published Version
Download (132kB) | Preview
1103113056 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (93kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan metode proyek dan metodeeksperimen terhadap keterampilan sosial anak kelompok usia 5-6 tahun di Kecmatan Medan-Sunggal. Penelitian ini dilakukan dilembaga PAUD Ar-rizqi kelompok B sebagai kelaseksperimen dan PAUD Medina kelompok B sebagai kelas kontrol. Yang ditentukan secararandom dengan jumlah sampel disetiap kelas sebanyak 15 orang anak.Jenis penelitian ini adalah penelitian quasi eksperimen, dengan desain penelitian post testonly control design.Variabel bebas adalah metodesedangkan variabel terikat adalah keterampilansosial. Instrumen pengumpulan data adalah pedoman observasi. Data dianalisis dengan metodedeskriptif dan uji hipotesis dengan uji t yang dilanjutkan dengan unji signifikasi pada taraf nyataα = 0,05Berdasarkan hasil analisis data diatas diperoleh rata-rata nilai pada kelas eksperimen10,53 dengan nilai tertinggi 15 dan nilai terendah 9, sehingga keterampilan sosial anak padakelas eksperimen memperoleh perbedaan yang signifikan. Sedangkan nilai rata-rata pada kelascontrol 8,86 dengan nilai tertinggi 12 dan nilai terendah 7, Karena kedua nilai dibawah rata-rataideal yang berarti perkembangan sosial anak belum maksimal berkembang dikarenakan masihdalam tahap perkembangan. Berdasarkan hasil tersebut hipotesis menyatakan bahwa terdapatperbedaan yang signifikan antara metode peroyek terhadap keterampilan sosial anak dan darihasil uji hipotesis diperoleh thitung> ttabel yaitu 3,807>1,701 pada taraf α = 0.05. Dengandemikian penggunaan metode proyek memiliki perngaruh yang lebih baik terhadap keterampilansosial anak dibandingkan dengan kelas kontrol yang menerapkan metode eksperimen.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 372.83 Sak p |
Keywords: | Sosial; Anak; Keterampilan; Metode Proyet |
Subjects: | H Social Sciences > HM Sociology N Fine Arts > NC Drawing. Design. Illustration > NC390 Study and teaching |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > PG-PAUD |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 19 Jul 2016 04:13 |
Last Modified: | 05 Aug 2016 03:36 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/8079 |