Situmorang. Lestari May (2014) PENGARUH BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK DISKUSI TERHADAP PENINGKATAN KONSEP DIRI SISWA KORBAN BULLY DI SMP KATOLIK TRISAKTI 2 MEDAN TAHUN AJARAN 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
1103151036 COVER.pdf - Published Version
Download (156kB) | Preview
1103151036 LEMBARAN PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (317kB) | Preview
1103151036 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (207kB) | Preview
1103151036 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (226kB) | Preview
1103151036 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (121kB) | Preview
1103151036 BAB I.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
1103151036 BAB V.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
1103151036 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (135kB) | Preview
Abstract
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “apakah ada pengaruh bimbingan kelompok dengan teknik diskusi terhadap peningkatan konsep diri siswa korban bully di SMP Katolik Trisakti 2 Medan Tahun Ajaran 2013/2014”? Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh bimbingan kelompok dengan teknik diskusi terhadap peningkatan konsep diri siswa korban bully di SMP Katolik Trisakti 2 Medan Tahun Ajaran 2013/2014.Jenis penelitian ini adalah eksperimen yaitu penelitian yang dilakukan dengan memberikan perlakuan kepada sekelompok orang yang dijadikan subjek penelitian. Subjek penelitian adalah siswa korban bully di SMP Katolik Trisakti 2 Medan yang berjumlah 10 orang siswa korban bully. Instrumen yang digunakan adalah angket untuk menjaring data siswa yang menjadi korban bully dan angket konsep diri siswa korban bully yang sebelumnya diuji cobakan untuk mengetahui validitas dan reliabilias angket. Dari angket yang disebarkan diketahui 27 item yang valid yang diberikan pada 10 orang siswa korban bully. Jadi pernyataan yang diberikan terhadap 10 orang siswa korban bully sebagai sample penelitian berjumlah 27 item. Instrumen diberikan sebelum dan sesudah pemberian bimbingan kelompok dengan teknik diskusi . Teknik analisis data menggunakan uji t.Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh yang signifikan bimbingan kelompok dengan teknik diskusi terhadap peningkatan konsep diri siswa korban bully di SMP Katolik Trisakti 2 Medan. Terdapat data rata-rata pre-tes = 65,7 dengan SD = 4, 083 dan rata-rata data pos-tes 84,6 dengan SD = 2,91. Hal ini teruji dengan menggunakan uji t yang diperoleh dari perhitungan dengan hasil thitung > ttabel = (13,636 > 1,833). Maka hipotesis yang menyatakan bahwa terdapat pengaruh positif yang signifikan bimbingan kelompok dengan teknik diskusi terhadap peningkatan konsep diri siswa korban bully di SMP Katolik Trisakti 2 Medan Tahun Ajaran 2013/2014 dapat diterima.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 371.46 Sit p |
Keywords: | bimbingan kelompok; teknik diskusi; konsep diri; korban bully;penelitian eksperimen |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 19 Jul 2016 04:13 |
Last Modified: | 04 Aug 2016 07:44 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/8062 |