Yusnidar, Siregar (2015) MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA PADA TEMA SEHAT ITU PENTING DENGAN METODE GUIDED TEACHING DI KELAS V SD NEGERI 106161 LAUT DENDANG T.A 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.
1103311096 COVER.pdf - Published Version
Download (214kB) | Preview
1103311096 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (152kB) | Preview
1103311096 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (245kB) | Preview
1103311096 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (204kB) | Preview
1103311096 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (159kB) | Preview
1103311096 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (160kB) | Preview
1103311096 BAB I.pdf - Published Version
Download (160kB) | Preview
1103311096 BAB V.pdf - Published Version
Download (204kB) | Preview
1103311096 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (205kB) | Preview
Abstract
Masalah yang ditemukan dalam penelitian ini yaitu: guru masih kesulitanmenerapkan kurikulum 2013, aktivitas belajar siswa masih rendah, siswa kurangterampil bertanya dan menyampaikan pendapat. Tujuan dari penelitian ini adalahuntuk meningkatkan aktivitas belajar siswa pada tema Sehat Itu Penting subtemaPentingnya Kesehatan Diri dan Lingkungan dengan metode pembelajaran guidedteaching di kelas V SD Negeri 106161 Laut Dendang T.A 2014/2015.Penelitian ini dilakukan di SD Negeri 106161 Laut Dendang, pada siswakelas V dengan jumlah siswa 27 orang, dengan jumlah murid perempuansebanyak 14 dan siswa laki-laki 13 orang. Penelitian tindakan ini dilakukan dalam4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaaan, pengamatan dan refleksi. Untukmemperoleh data pada penelitian ini peneliti melakukan observasi aktivitas belajarkepada siswa dengan menggunakan lembar observasi untuk siswa dan guru,sertadokumentasi foto. Adapun teknik analisa data dalam penelitian ini adalah analisiskualitatif model Miles dan Huberman yaitu: reduksi data, paparan data danpenarikan kesimpulanHasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menggunakan metode guidedteaching dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa pada Tema Sehat Itu Pentingsubtema Pentingnya Kesehatan Diri dan Lingkungan di Kelas V SD Negeri106161 Laut Dendang T.A 2014/2015. Berdasarkan hasil penelitian denganmenggunakan opserpasi atau pengamatan yang diperoleh pada kondisi awal atausebelum diberi tindakan terdapat aktivitas belajar persentase 43,4% darikeseluruhan jumlah siswa. Pada siklus I siswa mencapai persentase aktivitasbelajar mengalami peningkatan persentase menjadi 50,7%. Meskipun telah terjadipeningkatan aktivitas belajar siswa, namun hasil yang didapatkan masih belumsesuai dengan nilai keaktifan belajar yaitu 70 pada tiap siswa. Untuk itu, penelitimelanjutkan penelitian pada siklus II. Pada siklus II didapati bahwa aktivitasbelajar siswa meningkat dengan persentase keaktifan mencapai 95,8%. Hal inimembuktikan bahwa aktivitas belajar siswa sampai pada siklus II telah mencapaiindikator keberhasilan yaitu lebih dari 70%.Dengan demikian maka dapat disimpulkan bahwa metode guided teachingmerupakan salah satu metode pembelajaran yang membuat siswa menjadi aktifdan memberi peluang siswa untuk berfikir kreatif dan sistematis sertameningkatkan aktivitas belajar siswa pada Tema Sehat Itu Penting subtemaPentingnya Kesehatan Diri dan Lingkungan di Kelas V SD Negeri 106161 LautDendang T.A 2014/2015. Disarankan kepada guru-guru agar menerapkan metodepembelajaran guided teaching kepada siswa untuk menyajikan Tema Sehat ItuPenting subtema Pentingnya Kesehatan Diri dan Lingkungan di Kelas V.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 372.071 Sir m |
Keywords: | Aktivitas; Belajar; Guided Teaching |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 19 Jul 2016 04:13 |
Last Modified: | 04 Aug 2016 08:53 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/8050 |