Wahyuni, Sri (2015) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA MELALUI METODE DEMONSTRASI PADA MATERI PELAJARAN SIMETRI LIPAT DI KELASV SD NEGERI NO. 106849 LIBERIA KEC. TELUK MENGKUDU KAB. SERDANGBEDAGAI TAHUN AJARAN 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
1114311015 COVER.pdf - Published Version
Download (132kB) | Preview
1114311015 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (203kB) | Preview
1114311015 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
1114311015 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (234kB) | Preview
1114311015 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (186kB) | Preview
1114311015 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (123kB) | Preview
1114311015 BAB I.pdf - Published Version
Download (401kB) | Preview
1114311015 BAB V.pdf - Published Version
Download (207kB) | Preview
13 1114311015 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (125kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini dilakukan di SD Negeri No.106849 Liberia Kec.TelukMengkudu Kab.Serdang Bedagai. Jenis penelitian yang akan dilaksanakantermasuk penelitian tindakan kelas (PTK) dengan metode pembelajaranDemonstrasi yang bertujuan untuk memperbaiki proses belajar mengajar danmeningkatkan hasil belajar matematika siswa pada materi pelajaran simeri lipat dikelas V SD Negeri No. 106849 Liberia Kec. Teluk Mengkudu Kab. SerdangBedagai.Subjek penelitian tindakan kelas ini adalah siswa kelas V SD Negeri No.106849 Liberia Kec. Teluk Mengkudu Kab. Serdang Bedagai Tahun Ajaran2012/2013 yang berjumlah 25 siswa yang terdiri dari 10 orang perempuan dan 15orang laki-laki. Dilakuakan dalam dua kali siklus dimana dalam setiap siklusdilakukan dalam 4 tahap yaituperencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi.Instrumen yang digunakan tes dan observasi.Berdasarkan penelitian yang dilaksanakan diperoleh tes awal nilai rata-ratahasil belajar siswa 51,48. Dengan jumlah siswa yang tuntas sebanyak 10 orang(40%) dan yang belum tuntas 15 orang (60%). Dari 25 orang siswa yang menjadisubjek dalam penelitian ini, ternyata pada siklus I menunjukan bahwa hanya 16siswa (64%) yang sudah tuntas, selebihnya ada 9 siswa (36%) yang belum tuntas.Dan secara ketuntasan klasikal yang diharapkan yaitu 85% masih sangat jauh,sehingga diperlukan perbaikan di Siklus II. Pada siklus II dari 25 orang siswa, 23orang siswa (92%) yang sudah memiliki ketuntasan belajar, sedangkan selebihnyayaitu 2 orang siswa (8%) belum memiliki ketuntasan belajar. Dalam hal ini sudahdapat disimpulkan, ketuntasan klasikal sudah berhasil.Berdasarkan hasil yang diperoleh dari 25 orang peserta didik dapat dilihatpeningkatan ketuntasan klasikal yang diperoleh siswadapat disimpulkan bahwapenggunaan metode Demonstrasi dapat meningkatkan hasil belajar matematikasiswa pada materi pelajaran simetri lipat di kelas V SD Negeri No.106849 LiberiaKec.Teluk Mengkudu Kab.Serdang Bedagai T.A 2013
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 372.7 Wah u |
Keywords: | Belajar;Fakto yang mempengaruhi;Hasil Belajar |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education Q Science > QA Mathematics > QA101 Elementary mathematics. Arithmetic |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 19 Jul 2016 04:13 |
Last Modified: | 03 Aug 2016 08:44 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/8048 |