MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SAINS DENGAN MENGGUNAKAN METODE PROBLEM SOLVING DI KELAS V SD NEGERI 060895 PADANG BULAN MEDAN T.A. 2013/2014

Rezeki, Putri (2015) MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SAINS DENGAN MENGGUNAKAN METODE PROBLEM SOLVING DI KELAS V SD NEGERI 060895 PADANG BULAN MEDAN T.A. 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 36187  COVER.pdf]
Preview
Text
36187 COVER.pdf - Published Version

Download (82kB) | Preview
[thumbnail of 36187 LEMBAR PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
36187 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (7MB) | Preview
[thumbnail of 36187 ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
36187 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (53kB) | Preview
[thumbnail of 36187 DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
36187 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (97kB) | Preview
[thumbnail of 36187 DAFTAR TABEL.pdf]
Preview
Text
36187 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (52kB) | Preview
[thumbnail of 36187 DAFTAR GAMBAR.pdf]
Preview
Text
36187 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (51kB) | Preview
[thumbnail of 36187 BAB I.pdf]
Preview
Text
36187 BAB I.pdf - Published Version

Download (261kB) | Preview
[thumbnail of 36187 BAB V.pdf]
Preview
Text
36187 BAB V.pdf - Published Version

Download (94kB) | Preview
[thumbnail of 36187 DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
36187 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (97kB) | Preview
[thumbnail of 36187 RIWAYAT HIDUP.pdf]
Preview
Text
36187 RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version

Download (52kB) | Preview

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah kurangnya aktivitas atau keterlibatan siswa secara aktif dalam belajar sains. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah dengan menggunakan metode problem solving dapat meningkatkan aktivitas siswa dalam belajar sains pada materi pokok alat pernapasan manusia di kelas V SD Negeri 060895 Padang Bulan Medan Tahun Ajaran 2013/2014.Penelitian ini termasuk jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 060895 Padang Bulan Medan tahun ajaran 2013/2014 sebanyak 32 siswa. Penelitian dilakukan selama 2 siklus. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar observasi kegiatan guru dan aktivitas siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menujukkan bahwa: pada pertemuan pertama siklus I, diperoleh rata-rata persentase aktivitas belajar siswa sebesar 55,1% (cukup aktif) dan jumlah siswa yang dinyatakan aktif belajar sebanyak 19 siswa (59,4%). Pada pertemuan kedua siklus I, diperoleh rata-rata persentase aktivitas belajar siswa sebesar 60,5% (cukup aktif) dan jumlah siswa yang dinyatakan aktif belajar sebanyak 20 siswa (62,5%). Setelah dilakukan perbaikan pada siklus II, aktivitas belajar sains siswa pada pertemuan pertama siklus II mengalami peningkatan dengan rata-rata persentase aktivitas sebesar 71,9% (aktif) dan jumlah siswa yang dinyatakan aktif belajar sebanyak 28 siswa (87,5%). Pada pertemuan kedua siklus II, aktivitas belajar siswa kembali meningkat dengan rata-rata persentase sebesar 78,6% (aktif) dan jumlah siswa yang dinyatakan aktif belajar sebanyak 29 siswa (90,6%). Berdasarkan rata-rata persentase menunjukkan terjadi peningkatan sebesar 18,1% dari siklus I ke siklus II dan jumlah siswa yang dinyatakan aktif belajar terjadi peningkatan sebesar 28,1% dari siklus I ke siklus II.Dengan demikian dari hasil penelitian yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode problem solving terbukti dapat meningkatkan aktivitas siswa dalam belajar sains pada materi pokok alat pernapasan manusia di kelas V SD Negeri 060895 Padang Bulan Medan Tahun Ajaran 2013/2014. Sebagai tindak lanjut disarankan kepada guru untuk dapat menggunakan metode problem solving dalam upaya meningkatkan aktivitas siswa dalam belajar sains.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: 372.35 Rez m
Keywords: pengertian belajar; aktivitas belajar; metode mengajar; metode problem solving
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LA History of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com
Date Deposited: 19 Jul 2016 04:13
Last Modified: 04 Aug 2016 04:31
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/8036

Actions (login required)

View Item
View Item