Aritonang, Topas Esti (2015) MENINGKATKAN KREATIVITAS SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN INDEX CARD MATCH PADA PELAJARAN IPA DI KELAS IV SDN 106836 LIMAU MANIS T.A 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.
36182 COVER.pdf - Published Version
Download (51kB) | Preview
36182 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (370kB) | Preview
36182 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (180kB) | Preview
36182 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (211kB) | Preview
36182 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (127kB) | Preview
36182 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
36182 DAFTAR GRAFIK.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
36182 BAB I.pdf - Published Version
Download (4MB) | Preview
36182 BAB V.pdf - Published Version
Download (253kB) | Preview
36182 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (127kB) | Preview
36182 DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version
Download (91kB) | Preview
Abstract
Dengan menggunakan model Index card Match di harapkan dapat meningkatkan kreativitas belajar siswa dalam pembelajaran IPA dengan materi pokok Gaya, karena rendahnya kreativitas belajar sis wa yang di sebabkan siswa merasa bosan dalam mengikuti pembelajaran, karena metode yang di gunakan guru masih ceramah dengan sumber belajar buku teks dan kurang memberi motivasi kepada siswa untuk berpikir kreatif dalam memecahkan masalah, sehingga saat di adakan evaluasi banyak siswa yang pemahamannya rendah dalam pembelajaran IPA. Jenis penelitian yang di gunakan adalah penelitian tindakan kelas dengan menggunakan model index card match dalam meningkatkan kreativitas belajar siswa dalam pembelajaran IPA dengan materi pokok Gaya di kelas IV SDN 106836 Limau Manis T.A 2014/2015. Terdapat 30 siswa yang terdiri dari 17 orang siswa laki- laki dan 13 orang siswa perempuan. Untuk memperoleh data yang di gunakan dalam penelitian ini peneliti menggunakan lembar observasi bagi siswa dan guru dan angket untuk mengetahui perkembangan tingkat kreativitas belajar siswa pada setiap siklusnya. Hasil penelitian menunjukkan dengan menggunakan model index card match bahwa pada kondisi awal atau sebelum melakukan tindakan terdapat 9 orang siswa yang kreatif (30%), pada siklus I terdapat 23 orang siswa yang kreatif (76,66%), dan pada siklus II terdapat 25 orang siswa yang kreatif (83,33%). Dapat juga di lihat dari hasil angket pada siklus I terdapat 23 orang siswa yang kreatif (76,66%), sedangkan siklus II terdapat 24 orang siswa yang kreatif (80%). Maka dapat di katakan dengan menggunakan model Index Card Match dapat meningkatkan kreativitas belajar siswa dalam pembelajaran IPA dengan materi pokok Gaya di Kelas IV SDN 106836 Limau Manis T.A 2014/2015.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 372.34 Ari u |
Keywords: | pengertian kreativitas; pembelajaran index card match; IPA; gaya; gerak benda; besar gaya; gaya- gaya yang ada di alam |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 19 Jul 2016 04:13 |
Last Modified: | 04 Aug 2016 04:27 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/8031 |