Rambe, Siti Rukmana (2015) UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL LEARNING START WITH A QUESTION PADA MATA PELAJARAN IPA DI KELAS IV MIS BIDAYATUL HIDAYAH KEC.PERCUT SEI TUAN TAHUN AJARAN 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.
1113311048 COVER.pdf - Published Version
Download (178kB) | Preview
1113311048 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (155kB) | Preview
1113311048 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (236kB) | Preview
1113311048 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (162kB) | Preview
1113311048 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (161kB) | Preview
1113311048 DAFTAR GRAFIK.pdf - Published Version
Download (161kB) | Preview
1113311048 BAB I.pdf - Published Version
Download (162kB) | Preview
1113311048 BAB V.pdf - Published Version
Download (204kB) | Preview
1113311048 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (128kB) | Preview
1113311048 RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version
Download (161kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah Apakah dengan menggunakan model learning start with a question dapat meningkatkan motivasi belajar siswa pada pelajaran IPA pada materi dampak perubahan lingkungan dan pencegahannya di kelas IV Mis Bidayatul Hidayah Kec. PeRCUT Sei Tuan T.A 2014/2015. Tujuan di laksanakan penelitian ini adalah upaya meningkatkan motivasi belajar siswa dengan menggunakan model learning start with a question pada mata pelajaran IPA pada materi dampak perubahan lingkungan dan pencegahannya di kelas IV Mis Bidayatul Hidayah Kec. Percut Sei Tuan T.A 2014/2015. Motivasi dapat di artikan sebagai daya penggerak yang mulai aktif. Motivasi dapat juga dikatakan serangkaian usaha untuk menyediakan kondisi-kondisi tertentu, sehingga seseorang mau sehingga melakukan sesuatu, bila ia tidak suka maka ia berusaha untuk meniadakan atau mengelakkan perasaan tidak suka itu. Jadi motivasi itu dapat dirangsang oleh faktor dari luar tetapi motivasi itu adalah tumbuh di dalam diri seseorang. Motivasi memang merupakan faktor yang mempunyai arti penting bagi seorang anak didik. Hasil penelitian dengan menggunakan lembar angket diperoleh data jumlah skor pada kondisi awal 24 orang siswa (64.87%) dengan motivasi rendah, 9 orang siswa (24,32%) dengan motivasi sedang dan 4 orang siswa (10,81%) dengan motivasi tinggi. Pada siklus I terdapat 4 orang siswa (10,81%) dengan motivasi rendah, 16 orang siswa (43,25%) dengan motivasi sedang, dan 17 orang siswa (45,95%) dengan motivasi tinggi. Dan pada siklus II terdapat 4 orang siswa (10,81%) dengan motivasi sedang dan 33 orang siswa (89,19%) dengan motivasi tinggi. Hasil penelitian dengan menggunakan lembar observasi yang diamati oleh observer yang dilakukan di siklus I dan siklus II diperoleh data. Pada siklus I terdapat 25 orang siswa (67,56%) dengan motivasi rendah dan 12 orang siswa (32,44%) dengan motivasi sedang. Dan pada siklus II terdapat 14 orang siswa (37,84%) yang motivasi sedang dan 23 orang siswa (62,16%) dengan motivasi tinggi. Berdasarkan data yang diperoleh maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran learning start with a question dapat meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPA materi pokok dampak perubahan lingkungan di kelas IV Mis Bidayatul Hidayah Kec. Percut Sei Tuan Tahun Ajaran 2014/2015.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 372.35 Ram u |
Keywords: | hakikat belajar; motivasi belajar; model pembelajaran; pembelajaran learning start with a question; dampak perubahan lingkungan dan pencegahannya |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 19 Jul 2016 04:13 |
Last Modified: | 04 Aug 2016 03:25 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/8027 |