Fahrunnisa, Siti (2015) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PELAJARAN IPA DI SDN 050775 PANGKALAN SUSU T.A 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.
36174 COVER.pdf - Published Version
Download (78kB) | Preview
36174 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
36174 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (57kB) | Preview
36174 DAFTAR IS1.pdf - Published Version
Download (151kB) | Preview
36174 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (66kB) | Preview
36174 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (65kB) | Preview
36174 BAB I.pdf - Published Version
Download (223kB) | Preview
36174 BAB V.pdf - Published Version
Download (96kB) | Preview
36174 Daftar pustaka.pdf - Published Version
Download (54kB) | Preview
36174 RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version
Download (53kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah “Rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA siswa kelas V SDN Pangkalan Susu”. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa melalui model pembelajaran Inquiry pada materi gaya gesek di kelas V Sekolah Dasar 050775 Pangkalan Susu T.A 2014-2015.Penelitian ini dilaksanakan di SDN 050775 Pangkalan Susu, desa Alur Cempedak, Kabupaten Langkat. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V yang berjumlah 39 orang dan objek penelitian ini adalah upaya meningkatkan hasil belajar siswa melalui model pembelajaran Inquiry pada mata pelajaran IPA. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan lembar observasi siswa dan guru dan tes pilihan berganda dengan 20 soal pilihan berganda untuk melihat hasil belajar siswa.Penelitian ini terdiri dari dua siklus yaitu siklus I dan siklus II. Sebelum dilakukan siklus I, peneliti melakukan tes awal (pretest). Dari hasil analisis diperoleh data pretes sebagai hasil belajar awal siswa dengan nilai rata-rata 61,28 dan persentasenya 7,69%. Pada data postes siklus I materi gaya gesek dengan rata-rata nilai 70,12, dan persentasenya 28,20% berarti ada peningkatan hasil belajar siswa 20,51%. Kemudian, pada postes siklus II pada materi gaya gesek dengan rata-rata nilai 89,10 dengan persentase 92,30%, berarti ada peningkatan hasil belajar siswa 64,1%.Observasi digunakan untuk mengetahui peningkatan keberhasilan aktivitas belajar siswa dan aktivitas guru dalam mengajar. Hasil observasi aktivitas belajar siswa tergolong kategori baik dengan persentase 65% dan hasil observasi mengajar guru pada siklus I tergolong kategori baik dengan persentase 69%. Pada siklus II hasil observasi aktivitas belajar siswa tergolong sangat baik dengan persentase 87,5% dan pada observasi mengajar guru juga tergolong kategori sangat baik dengan persentase 97%Jadi dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran Inquiry di kelas V SDN 050775 Pangkalan Susu dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini berarti bahwa penggunaan model pembelajaran inquiry dapat digunakan sebagai strategi pembelajaran alternatif dalam mata pelajaran IPA khususnya pada materi gaya gesek.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 372.35 Fah p |
Keywords: | hakikat belajar; hasil belajar; model pembelajaran; pembelajaran inquiry; gaya gerak; manfaat gaya gesek |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 19 Jul 2016 04:13 |
Last Modified: | 04 Aug 2016 04:19 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/8023 |