Pane, Zaitun Saroh (2015) PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA DAN MENULIS SISWA MELALUI METODE COOPERATIVE INTERAGTED READING AND COMPOSITION (CIRC) PADA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI KELAS IV SD NEGERI 112151 JANJI LOBI KEC. BILAH HULU TA 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. COVER.pdf - Published Version
Download (15kB) | Preview
36170 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (951kB) | Preview
36170 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (55kB) | Preview
36170 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (93kB) | Preview
36170 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (50kB) | Preview
36170 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
36170 BAB I.pdf - Published Version
Download (220kB) | Preview
36170 BAB V.pdf - Published Version
Download (94kB) | Preview
36170 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (51kB) | Preview
36170 RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah kurangnya kemampuan membaca dan menulis siswa, model yang digunakan guru kurang menarik perhatian siswa, guru kurang bijak memilih model yang tepat, guru masih menggunakan metode ceramah, hasil belajar siswa kurang memuaskan pada pelajaran bahasa Indonesia. Tujuan penelitian ini adalah untuk peningkatan kemampuan membaca dan menulis ssiwa dengan menggunakan model cooperative interagted reading and composition (CIRC) di kelas IV SD Negeri 112151 Janji Lobi Semester II Tahun Pelajaran 2014/2015. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri 112151 Janji Lobi. Penentuan subjek ini berdasarkan hasil observasi terhadap kelas yang akan di teliti dan saran dari kepala sekolah. Pelaksanaan PTK di lakukan selama 2 siklus, setiap siklus dan 4 tahapan yaitu, perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan reflekasi dan 1 siklus 2 kali pertemuan. Banyak siswa yang diteliti yaitu 30 orang siswa. Pada pelaksanaan siklus I terdapat 6 orang siswa yang kemamouan membaca baik dan sebanyak 24 orang siswa yang kemampuan membaca nya kurang baik, sebanyak 5 orang siswa yang kemampuan menulisnya baik, sebanyak 25 orang siswa yang kemampuan menulisnya kurang baik. Pada pertemuan siklus II jumlah siswa yang mempunyai kemampuan membaca meningkat menjadi 26 orang siswa, sedangkan kemampuan membacanya menurun menjadi 4 orang siswa, di siklus II kemampuan menulis juga meningkat menjadi 28 orang siswa, sedangkan jumlah siswa yang kemampuan menulisnya menurun menjadi 2 orang siswa.Setelah dilakukan tindakan pada siklus I diperoleh persen ketuntasan klasikal sebesar 59% yang berarti secara klasikal belum mencapai tingkat ketuntasan belajar. Selanjutnya dari hasil pembelajaran siklus II sebagai bentuk perbaikan, pada siklus II di peroleh persen ketuntasan klasikal sebesar 71,33% yang telah berarti telah mencapai keberhasilan atau dengan kata lain sudah mencapai ketuntasan kemampuan membaca dan menulis siswa.Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan pembelajaran dengan menggunakan model cooperative interagted reading and composition (CIRC) dapat meningkatkan kemampuan membaca dan menulis siswa kelas IV SD Negeri 112151 Janji Lobi Kec. Bilah Hulu T.A 2014/2015. Dengan demikian disarnkan kepada guru agar meningkatkan keterampilan mengajarnya dengan menerapkan model pembelajaran kooperatife CIRC sebagai alternative untuk meningkatkan kemampuan membaca dan menulis siswa pada pelajaran Bahasa Indonesia di kelas IV.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 372.4 Pan p |
Keywords: | kemampuan membaca; keterampilan menulis; metode CIRC; model pembelajaran CIRC |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) > LB1049 Reading (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 19 Jul 2016 04:13 |
Last Modified: | 04 Aug 2016 04:15 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/8019 |