Sari, Sri Devi Purnama (2015) UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN COLLABORATIVE LEARNING (TYPE STAD) PADA TEMA PENDIDIKAN KELAS III SD NEGERI 053985 DESA SUKA DAMAI KECAMATAN HINAI TAHUN AJARAN 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.
36166 COVER.pdf - Published Version
Download (55kB) | Preview
36166 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (803kB) | Preview
36166 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (57kB) | Preview
36166 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (133kB) | Preview
36166 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (89kB) | Preview
36166 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
36166 BAB I.pdf - Published Version
Download (347kB) | Preview
36166 BAB V.pdf - Published Version
Download (135kB) | Preview
36166 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (52kB) | Preview
36166 RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version
Download (50kB) | Preview
Abstract
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas III SD Negeri No. 053985 Suka Damai yang berjumlah 30 orang. Aktivitas atau tindakan sebagai upaya meningkatkan motivasi belajar siswa pada pembelajaran Tematik dengan menggunakan model pembelajaran Collaborative Learning (Type STAD) adalah objek dari penelitian ini. Masalah penelitian ini adalah rendahnya motivasi belajar siswa di kelas III SD Negeri No. 053985 Suka Damai. Dari hasil observasi ditemukan masih banyak siswa yang kurang aktif dan kurang termotivasi dalam melakukan komunikasi dan kerja sama dalam kelompoknya atau sesama teman sebaya, kurang partisipatif dan inisiatif dalam menyelesaikan masalah yang terdapat di dalam kelas dan dalam pelaksanan pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa dengan menerapkan model pembelajaran Collaborative Learning (Type STAD) dan mengetahui keterlibitasan siswa dalam belajar terhadap model pembelajaran Collaborative Learning (Type STAD) yang diterapkan. Penelitian ini terdiri dari dua siklus yaitu siklus I dan siklus II, masing-masing terdiri dari 4 tahap yaitu, perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Satu siklus terdiri dari dua pertemuan. Sebelum dilakukan siklus I, peneliti melakukan observasi hasil minat belajar sebelum penelitian dilakukan dengan pemberian angket dan lembar observasi kepada siswa, kemudian dilakukan siklus I dengan pemberian lembar observasi siswa kepada 30 siswa. Dan hasil yang diperoleh bahwa motivasi belajar siswa masih sangat rendah sehingga harus dilakukan siklus II. Hasil motivasi belajar dilakukan tindakan siklus II serta lembar observasi siswa. Dari 30 siswa di temukan 4 siswa yang motivasi belajaranya ▁(<)70%. Kurangnya motivasi belajar masih ada namun hanya 10% dari kesulitan awal. Sedangkan tingkat motivasi belajar siswa meningkat sebanyak 90% yang artinya sudah sesuai dengan yang diharapkan maka pemberian tindakan dapat dihentikan. Hasil observasi terhadap guru dengan menggunakan model Collaborative Learning (Type STAD) dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada pembelajaran Tematik dikelas III SD Negeri No. 053985 Suka Damai Hasil nya sangat baik yaitu A.Dari analisis yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa dengan penggunaan model Collaborative Learning (Type STAD) pada pembelajaran Tematik di kelas III SD Negeri 053985 Suka Damai dapat meningkatkan motivasi belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 372.2 Sar u |
Keywords: | motivasi belajar; hakikat belajar; model pembelajaran collaborative learning; STAD; pemeblaajran tematik; menulis; membaca; sumber daya alam |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 19 Jul 2016 04:13 |
Last Modified: | 04 Aug 2016 04:10 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/8015 |