MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR SISWADENGAN MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) PADA MATAPELAJARAN IPA KELAS V SD NEGERI 101801 DELI TUA T.P 2014/2015”.

Sitepu, Tri Asmita (2015) MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR SISWADENGAN MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) PADA MATAPELAJARAN IPA KELAS V SD NEGERI 101801 DELI TUA T.P 2014/2015”. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 36110 COVER.pdf]
Preview
Text
36110 COVER.pdf - Published Version

Download (66kB) | Preview
[thumbnail of LEMBAR PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (231kB) | Preview
[thumbnail of 36110 ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
36110 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (54kB) | Preview
[thumbnail of 36110 DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
36110 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (94kB) | Preview
[thumbnail of 36110 DAFTAR TABEL.pdf]
Preview
Text
36110 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (45kB) | Preview
[thumbnail of 36110 DAFTAR GAMBAR.pdf]
Preview
Text
36110 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (89kB) | Preview
[thumbnail of 36110  BAB I.pdf]
Preview
Text
36110 BAB I.pdf - Published Version

Download (260kB) | Preview
[thumbnail of 36110 BAB V.pdf]
Preview
Text
36110 BAB V.pdf - Published Version

Download (95kB) | Preview
[thumbnail of 36110 DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
36110 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (92kB) | Preview

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah dengan menggunakan modelproblem based learning (PBL) dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa. Penelitianini bertujuan untuk mengetahui peningatan aktivitas belajar siswa pada matapelajaran IPA materi cahaya dan sifat-sifatnya kelas V SD Negeri 101801 Deli Tuadengan menggunakan model problem based learning (PBL) T.P 2014/2015.Adapun defenisi operasional variabel dalam penelitian ini yaitu modelpembelajaran berbasis masalah (Problem Based Learning) merupakan modelpembelajaran inovatif yang akan memberikan kondisi belajar aktif pada siswa. Modelpembelajaran berbasis masalah akan membantu siswa untuk berpikir ilmiah dalammenyelesaikan masalah atau pertanyaan yang berhubungan dengan materi pelajaranmelalui kegiatan atau praktek secara langsung yang dibimbing oleh guru. Aktivitasbelajar siswa merupakan segala tingkah laku serta kegiatan positif yang dilakukansiswa pada saat kegiatan belajar mengajar berlangsung. Siswa dikatakan aktif apabilasiswa mau mengajukan pertanyaan, memberi pendapat dalam kelompok, menjawabpertanyaan, melakukan praktek, memecahkan masalah serta menulis laporan hasildiskusi. Apabila siswa terlibat aktif dalam kegiatan belajar mengajar maka belajarakan terasa lebih bermakna dan mudah dipahami.Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari 2 siklus yaitusiklus I dan siklus II. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri101801 Deli Tua yang berjumlah 30 orang, 16 orang laki-laki dan 14 orangperempuan. Alat yang digunakan dalam pengumpulan data adalah angket dan lembarobservasi. Adapun yang dianalisis dalam lembar observasi adalah aktivitas belajarmengajar siswa dan guru selama proses pembelajaran berlangsung.Sebelum melaksanakan penelitian, peneliti melakukan observasi di kelas V.Rata-rata kelas pada hasil observasi prasiklus adalah 11 orang atau 36,67% dari 30siswa. Setelah dilaksanakan siklus I dengan menerapkan model problem basedlearning (PBL), nilai rata-rata kelas menjadi 16 orang atau 53,33% dari 30 siswa danaktivitas guru melaksanakan pembelajaran memperoleh nilai 65% dan tergolongcukup baik. Pada siklus II rata-rata kelas menjadi 25 orang atau 83,33% dari 30 siswadan aktivitas guru dalam melaksanakan pembelajaran memperoleh nilai 87,5% dansudah tergolong sangat baik. Dengan demikian terjadi peningkatan aktivitas belajarsiswa dengan menggunakan model problem based learning (PBL) pada matapelajaran IPA kelas V SD Negeri 101801 Deli Tua T.P 2014/2015.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: 372.35 Sit m
Keywords: hakikat belajar; model pembelajaran berbasis masalah; pembelajaran IPA; cahaya
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com
Date Deposited: 19 Jul 2016 04:13
Last Modified: 04 Aug 2016 03:57
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/8007

Actions (login required)

View Item
View Item