Nuraini, Amalia (2015) HUBUNGAN PENGGGUNAAN MEDIA VIDEO SEBAGAI SUMBER BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR IPA DIKELAS V SD NEGERI 050656 STABAT TAHUN AJARAN 2014-2015. Undergraduate thesis, UNIMED.
36109 COVER.pdf - Published Version
Download (108kB) | Preview
36109 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (340kB) | Preview
36109 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (167kB) | Preview
36109 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (224kB) | Preview
36109 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (176kB) | Preview
36109 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (135kB) | Preview
36109 BAB I.pdf - Published Version
Download (433kB) | Preview
36109 BAB V.pdf - Published Version
Download (347kB) | Preview
36109 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (215kB) | Preview
36109 RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version
Download (142kB) | Preview
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa khususnya pada mata pelajaran IPA yang disebabkan penggunaan sumber belajar yang belum optimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ”hubungan penggunaan media video sebagai sumber belajar dengan hasil belajar IPA siswa di Kelas V SD Negeri 050656 Stabat Tahun Ajaran 2014-2015. Jenis penelitian ini adalah korelasi dengan menggunakan statistika Product Moment Person. Untuk uji koefisien korelasi menggunakan uji t. Penelitian ini dilakukan terhadap 27 orang siswa yang diambil dari kelas V. Instrumen yang digunakan pada penggunaan sumber belajar adalah angket yang sudah divalidkan dan instrumen yang digunakan pada hasil belajar adalah tes yang juga sudah divalidkan.Dengan melihat hasil penelitian dari hasil pengujian hipotesis diperoleh rxy=0,421 N=27. Berarti rtabel= 0,381. penelitian diketahui bahwa,rxy>rtabel = 0,421>0,381. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan antara penggunaan media video sebagai sumber belajar dengan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA, dan koefisien korelasi tersebut dikategorikan sedang. Hasil uji t menunjukkan bahwa thitung=2,320 dan ttabel dengan dk=n-2=27-2=25 pada taraf α=0,05 diperoleh ttabel =1,708 . Demikian thitung>ttabel =2,320>1,704. Maka hipotesis dalam penelitian ini H0 ditolak dan Ha diterima. Dengan diterimanya hipotesis penelitian ini, maka dapat dinyatakan bahwa apabila penggunaan media video sebagai sumber belajar digunakan dengan baik dan efektif maka hasil belajar IPA siswa akan baik dan meningkat pula
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 372.35 Nur h |
Keywords: | hasil belajar; sumber belajar; media video |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LC Special aspects of education > LC1022 Computer-assisted education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 19 Jul 2016 04:13 |
Last Modified: | 04 Aug 2016 03:55 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/8006 |