Liliawati, Jenny (2015) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V PADA TEMA ORGAN TUBUH MANUSIA DAN HEWAN DI SD NEGERI 050664 LUBUK DALAM, KEC. STABAT T.A. 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.
36105 COVER.pdf - Published Version
Download (53kB) | Preview
36105 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (712kB) | Preview
36105 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (185kB) | Preview
36105 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (212kB) | Preview
36105 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (89kB) | Preview
36105 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
36105 BAB I.pdf - Published Version
Download (477kB) | Preview
36105 BAB V.pdf - Published Version
Download (170kB) | Preview
36105 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (127kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran berbasis proyek pada tema Organ Tubuh Manusia dan Hewan, subtema Organ Tubuh Manusia dan Hewan dengan kompetensi dasar IPA: mengenal organ tubuh manusia dan hewan serta mendeskripsikan fungsinya di kelas V SD Negeri 050664 Lubuk Dalam.Penelitian ini dilakukan di SD Negeri 050664 Lubuk Dalam, pada kelas VA dengan jumlah siswa 24 orang, 10 orang siswa laki-laki dan 14 siswa perempuan. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan selama 2 siklus dengan setiap siklus 2 kali pertemuan.Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran berbasis proyek dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Berdasarkan hasil penelitin diperoleh pada kondisi awal atau sebelum diberi tindakan hanya 4 siswa (16,67% ) yang tuntas belajar dengan nilai rata-rata 1,86. Setelah pelaksanaan siklus I dengan model pemebelajaran berbasis proyek sebanyak 13 siswa (54,17%) yang tuntas belajar dengan nilai rata-rata 2,57, penilaian sikap dengan nilai rat-rata 2,50 dan penilaian keterampilan dengan nilai rata-rata 2,42 . Setelah pelaksanaan siklus II diperoleh tingkat ketuntasan hasil belajar secara klasikal sebanyak 21 siswa (87,50%) dengan nilai rata-rata 3,18, penilaian sikap dengan nilai rata-rata 2,96 dan penilaian keterampilan dengan nilai rata-rata 2,90.Dengan demikian dapat diambil kesimpulan bahwa pembelajaran dengan model pembelajaran berbasis proyek dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V pada tema Organ Tubuh Manusia dan Hewan , subtema Organ Tubuh Manusia dan Hewan dengan kompetensi dasar IPA: mengenal organ tubuh manusia dan hewan serta mendeskripsikan fungsinya di kelas V SD Negeri 050664 Lubuk Dalam.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 372.35 Lil p |
Keywords: | model pembelajaran berbasis proyek; hasil belajar; organ tubuh manusia; hewan; alat pernapasan pada manusia |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 19 Jul 2016 04:13 |
Last Modified: | 04 Aug 2016 03:52 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/8004 |