Tiara, Selly (2015) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PELAJARAN IPA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN STUDENT TEAMS ACHIVEMENT DIVISSION (STAD) DI KELAS V SD NEGERI NO. 107404 SAMBIREJO TIMUR T.A 2014/201. Undergraduate thesis, UNIMED.
36104 COVER.pdf - Published Version
Download (55kB) | Preview
36104 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
36104 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (68kB) | Preview
36104 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (148kB) | Preview
36104 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (66kB) | Preview
36104 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (65kB) | Preview
36104 BAB I.pdf - Published Version
Download (349kB) | Preview
36104 BAB V.pdf - Published Version
Download (138kB) | Preview
36104 Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (54kB) | Preview
36104 RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version
Download (53kB) | Preview
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa pada pelajaran IPA yaitu pada sub pokok bahasan gaya magnet. Penelitian yang dilakukan bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Teams Achivement Divission) pada pelajaran IPA yaitu pada sub pokok bahasan gaya magnet di kelas V SD Negeri No. 107404 Sambirejo Timur T.A 2014/2015.Penelitian ini adalah penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek dalam penelitian tindakan kelas ini adalah siswa kelas V SD Negeri No. 107404 Sambirejo Timur yang berjumlah 32 orang siswa yang terdiri dari 14 perempuan dan 18 orang siswa laki – laki. Pelaksanaan tindakan dilakukan selama 2 siklus, dimana setiap siklus dilakukan dua kali pertemuan. Jadi dalam 2 siklus ada 4 kali pertemuan. Dalam setiap siklus dilakukan 4 tahap yaitu Perencanaan, Pelaksanaan, Pengamatan dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan data kuantitatif berupa tes dan data kualitatif berupa observasi.Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari pemberian tindakan dengan penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Teams Achivement Divission) mulai dari tes awal, siklus I, dan siklus II diperoleh tingkat ketuntasan belajar siswa yaitu pada tes awal nilai rata – rata 48,90 dengan ketuntasan belajar 18,75%, atau 6 orang siswa yang tuntas dalam pembelajaran, pada saat tes siklus I nilai rata – rata siswa meningkat menjadi 69,84 dengan ketuntasan belajar 53,125% atau 17 orang siswa yang tuntas dalam pembelajaran, ini membuktikan adanya peningkatan ketuntasan hasil belajar siswa yaitu sebanyak 34,375%, pada saat tes siklus II mencapai 89,06 dengan ketuntasan belajar 93,75% atau 30 orang siswa yang tuntas dalam pembelajaran, terdapat peningkatan dari siklus I ke siklus II yaitu sebanyak 40,625%. Ini membuktikan bahwa adanya peningkatan ketuntasan hasil belajar siswa dimulai dari pemberian tes awal, siklus I dan siklus II. Berarti hasil yang diperoleh siswa pada tes siklus II sudah mencapai tingkat ketuntasan secara klasikal. Dari tindakan dan analisis yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Teams Achivement Divission) siswa lebih terlibat aktif dalam proses pembelajaran. Dengan demikian pembelajaran IPA dengan menggunakan model pembelajaran Student Teams Achivement Divission (STAD) di kelas V SD Negeri No. 107404 Sambirejo Timur dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 372.35 Tia m |
Keywords: | hakikat hasil belajar; model pembelajaran kooperatif; STAD; magnet; arus listrik; energi |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 19 Jul 2016 04:13 |
Last Modified: | 04 Aug 2016 03:51 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/8003 |