Setiyana (2015) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATEKA SISWA KELAS V SD NEGERI 048001 KUTA TONGGAL TAHUN AJARAN 2014/2015 DENGAN MENGGUNAKAN METODE CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL). Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 1104311068 COVER.pdf - Published Version
Download (52kB) | Preview
2. NIM. 1104311068 PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (234kB) | Preview
3. NIM. 1104311068 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (182kB) | Preview
4. NIM. 1104311068 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (94kB) | Preview
7. NIM. 1104311068 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (143kB) | Preview
8. NIM. 1104311068 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (46kB) | Preview
9. NIM. 1104311068 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (46kB) | Preview
10. NIM. 1104311068 DAFTAR DIAGRAM.pdf - Published Version
Download (45kB) | Preview
11. NIM. 1104311068 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
12. NIM. 1104311068 BAB I.pdf - Published Version
Download (355kB) | Preview
16. NIM. 1104311068 BAB V.pdf - Published Version
Download (168kB) | Preview
17. NIM. 1104311068 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (128kB) | Preview
18. NIM. 1104311068 RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
Abstract
Masalah yang diteliti dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajarsiswa pada materi pokok sifat-sifat prisma, limas, dan tabung di kelas V SDNegeri 048001 Kuta Tonggal. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasilbelajar siswa pada pelajaran Matematika dengan materi pokok sifat-sifat prisma,limas, dan tabung dengan menggunakan metode Contextual Teaching andLearning (CTL) di kelas V SD Negeri 048001 Kuta Tonggal Tahun Ajaran2014/2015. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 048001Kuta Tonggal tahun ajaran 2014/2015 sebanyak 1 kelas yang terdiri dari 11 siswaperempuan dan 11 orang siswa laki-laki. Instrumen yang digunakan adalah teshasil belajar dan format lembar observasi kegiatan pelaksanaan pembelajaran danafektif, psikomotor siswa selama pembelajaran. Teknik analisis data yangdigunakan adalah teknik analisis data kuantitatif dan teknik analisis datakualitatif.Hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata pada tes awal atau sebelum diberikantindakan sebesar 43,94 dengan 4 orang siswa yang tuntas dengan persentase(18,18%), dan 18 orang siswa yang belum tuntas dengan persentase (90,91%).Pada siklus I diperoleh peningkatan yang cukup signifikan, dimana nilai rata-ratayang diperoleh sebesar 68,79 dengan 16 orang siswa telah tuntas denganpersentase (72,73%) dan 6 orang siswa yang belum tuntas dengan persentase(27,27%). Pada siklus II juga terjadi peningkatan yang sangat baik dengan nilairata-rata sebesar 75,77, dimana sebanyak 19 orang siswa telah tuntas denganpersentase (86,36%) dan 3 orang siswa yang belum tuntas dengan persentase(13,64%). Sebagai tindak lanjut dari hasil penelitian ini diharapkan kepada guruuntuk menggunakan metode Contextual Teaching and Learning (CTL) padaproses pembelajaran matematika agar siswa mudah memahami materi yangdisampaikan dan dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 372.7 Set m |
Keywords: | hakekat Belajar; Metode Kontektual; Contextual teaching and learning |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 19 Jul 2016 04:13 |
Last Modified: | 12 Aug 2016 03:22 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/7990 |