Lubis, Kiki Nur Aisah (2014) PENERAPAN MODEL PENEMUAN TERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA PELAJARAN IPA DI KELAS V MIS NURUL HIDAYAH MEDAN DENAI TAHUN AJARAN 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
1 1101111011 Cover.pdf - Published Version
Download (46kB) | Preview
2 1101111011 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version
Download (352kB) | Preview
3 1101111011 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (147kB) | Preview
4 1101111011 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (116kB) | Preview
5 1101111011 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (267kB) | Preview
6 1101111011 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (66kB) | Preview
7 1101111011 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (109kB) | Preview
9 1101111011DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (82kB) | Preview
10 1101111011 BAB I.pdf - Published Version
Download (370kB) | Preview
11 1101111011 BAB V.pdf - Published Version
Download (148kB) | Preview
12 1101111011 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (148kB) | Preview
13 1101111011 RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version
Download (39kB) | Preview
Abstract
Penelitian yang dilakukan di MIS Nurul Hidayah Medan Denai dengan tujuan untuk membuktikan apakah penerapan model penemuan terbimbing dapat meningkatkan motivasi belajar siswa pada pelajaran IPA dengan sub pokok bahasan gaya magnet di kelas V MIS Nurul Hidayah Medan Denai Tahun Ajaran 2013/2014. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V MIS Nurul Hidayah Medan Denai Tahun Ajaran 2013/2014 yang berjumlah 27 orang siswa. Instrumen penelitian menggunakan lembar observasi berupa daftar check-list motivasi siswa dan angket yang berisikan pernyataan tentang tanggapan-tanggapan siswa terhadap pembelajaran. Hasil penelitian dari lembar observasi motivasi belajar siswa diketahui bahwa pada siklus 1 pertemuan I diperoleh 3 siswa yang termotivasi dengan persentase 11,11% dan selebihnya sebanyak 24 siswa dengan persentase 88,89% yang belum termotivasi. Pada siklus I pertemuan II terjadi peningkatan yaitu sebanyak 7 siswa yang termotivasi dengan persentase 25,93%, 16 siswa yang cukup termotivasi dengan persentase 59,26% dan sisanya sebanyak 4 siswa dengan persentase 14,81% yang belum termotivasi. Setelah peneliti melakukan perbaikan pengajaran pada siklus 2 maka hasil motivasi siswa pun menjadi semakin meningkat yaitu pada siklus II pertemuan I sebanyak 16 siswa yang termotivasi dengan persentase 59,26% dan selebihnya sebanyak 11 siswa yang cukup termotivasi dengan persentase 40,74%. Sedangkan pada sikus II pertemuan II sebanyak 15 siswa dengan persentase 55,56% yang sangat termotivasi dan selebihnya sebanyak 12 siswa dengan persentase 44,44% termotivasi. Sebagai tindak lanjut dari hasil penelitian ini diharapkan kepada guru untuk menerapkan model penemuan terbimbing ketika proses pembelajaran berlangsung agar siswa memiliki motivasi dan semangat belajar yang tinggi sehingga tujuan pembelajaran yang diinginkan dapat tercapai dengan baik.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 372.2 Lub p |
Keywords: | Model Terbimbing; Model Pembelajaran; Motivasi Belajar |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 19 Jul 2016 04:13 |
Last Modified: | 04 Aug 2016 08:04 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/7976 |