Gurning, Ester Kessia (2015) PERAN GURU DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBAHASA ANAK USIA DINI DI PAUD METRO PLUS HELVETIAMEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
1 1103371011 - COVER.pdf - Published Version
Download (60kB) | Preview
2 1103371011 - LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (576kB) | Preview
3 1103371011 - KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (213kB) | Preview
4 1103371011 - ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (50kB) | Preview
5 1103371011 - DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (91kB) | Preview
6 1103371011- DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
7 110337101 - DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (45kB) | Preview
9 1103371011 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (45kB) | Preview
10 1103371011 - BAB I.pdf - Published Version
Download (381kB) | Preview
11 1103371011 - BAB V.pdf - Published Version
Download (93kB) | Preview
12 1103371011 - DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (135kB) | Preview
13 1103371011 DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana kinerja pekerja sosial peran gurudalam meningkatkan kemampuan berbahasa anak usia dini di Paud Metro Plus HelvetiaMedan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana peran guru dalammengembangkan kemampuan berbahasa anak usia dini yang terdiri atas memgajar,membimbing dan membina.Penelitian ini meggunakan pendekatan metodekualitatif. Dalampenelitianini yangmenjadiinformannyaadalah guru-guru yang menjadi tenaga pengajar di PAUD Metro Plus.Dalam pengumpulan data yang diperoleh, peneliti menggunakan teknik wawancara yangdilakukan bersamaan juga dengan observasi dan dokumentasi. Analisi data dilakukan dengancara bersamaan dengan proses pengamatan yang tidak terlepas satu dengan yang lain sertadata dan membangun keabsahan penelitian yang diantaranya yaitu 1) Pengumpulan Data. 2)Reduksi Data. 3) Penyajian Data (Display Data). 4) Kesimpulan atau VerifikasiHasil penelitian menunjukkan bahwa ada 4 (lima orang) anak yang belum vasih dalamberbicara dan belum mampu mengucapkan kalimat secara sempurna dan masih belummampu mengungkapkan apa yang ada difikirannya dengan teratur, yaitu di kelas B ada 1(satu) orang anak yang bernama Syahira Putri Kirana. Dan di kelas C ada 3 (tiga) orang anakyang belum fasih berbicara yang bernama Hanna Febriani Purba, Tiarmaida Durya Hutaurukdan Roma Naulimana ilalahi. Oleh sebab itu para guru harus lebih sering melakukanpercapakan dengan anak supaya anak lebih terbiasa berbicara. Dan lebih beranimengungkapkan apa yang ada difikirannya.Di PAUD Metro Plus Helvetia masih adanya anak yang kurang fasih berbicaraterkadang didasari oleh orang tua yang kadang kala mengikuti gaya berbicara anak mereka.Dan para guru juga kurang meluangkan waktu mereka untuk berkomunikasi seta berceritadengan anak sehingga anak kurang mendapatkan rasa kepercaya dirian mereka untukberinteraksi dengan orang lain. Tujuan dari guru hendaknya lebih sering meluangkan waktumereka untuk bercrita dengan anak supaya anak merasa lebih dekat dengan gur dan teman –teman yang lain dan supaya anak bisa mengekspresikan apa yang ada dalam fikiran serta apayang mereka inginkan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 374.014 |
Keywords: | Berbahasa Anak Usia Dini; Komunikasi |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 19 Jul 2016 04:13 |
Last Modified: | 04 Aug 2016 07:46 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/7971 |