Lubis, Latifah Aini (2015) MENINGKATKAN AKTIVITAS MEMBERIKAN PERTOLONGAN MELALUI PEMBELAJARAN KARAKTER CERDAS FORMAT KELOMPOK (PKC-KO) PADA KONSELOR SEBAYA DI UNIVERSITAS NEGERI MEDAN TAHUN 2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. 1103151033 COVER.pdf - Published Version
Download (116kB) | Preview
2. 1103151033 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (964kB) | Preview
3. 1103151033 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (503kB) | Preview
4. 1103151033 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (179kB) | Preview
5. 1103151033 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (264kB) | Preview
6.1103151033 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (164kB) | Preview
7. 1103151033 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (164kB) | Preview
8. 1103151033 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (205kB) | Preview
9. 1103151033 BAB I.pdf - Published Version
Download (752kB) | Preview
13. 1103151033 BAB 5.pdf - Published Version
Download (375kB) | Preview
14. 1103151033 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (302kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah : Apakah Pendidikan Karakter Cerdas Format Kelompok (PKC-Ko) dapat meningkatkan aktivitas pertolongan yang diberikan oleh mahasiswa yang tergabung dalam Komunitas Konselor Sebaya Unimed 2014. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas pertolongan yang diberikan oleh mahasiswa Komunitas Konselor Sebaya Unimed 2014 melalui PKC-Ko. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Bimbingan Konseling (PTBK) dengan pendekatan kualitatif. Sampel dalam penelitian ini diambil melalui penyebaran angket aktivitas memberikan pertolongan pada mahasiswa yang tergabung dalam Komunitas Konselor Sebaya Unimed 2014 dan 6 orang mahasiswa yang memperoleh skor terendah ditetapkan sebagai sampel. Data penelitian dikumpulkan dengan menggunakan catatan lapangan, lembar evaluasi AKURS (Acuan, Kompetensi, Usaha, Rasa, Sungguh-sungguh/ kesungguhan) dan angket yaitu angket aktivitas memberikan pertolongan sebanyak 40 item yang terlebih dahulu diujicobakan dan dianalisis oleh peneliti untuk mendapatkan angket yang valid dan reliabel. Dari hasil analisis diperoleh data peningkatan yang terjadi selama proses penelitian ini adalah: pada siklus I terjadi peningkatan sebanyak 50% lalu dilanjutkan ke siklus II dengan peningkatan sebanyak 83,3% sehingga target keberhasilan (80%) tercapai. Dengan demikian, Pendidikan Karakter Cerdas Format Kelompok (PKC-Ko) dapat meningkatkan aktivitas pertolongan yang diberikan oleh mahasiswa yang tergabung dalam Komunitas Konselor Sebaya Unimed 2014.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 371.404 7 Lub m |
Keywords: | Aktivitas Memberikan Pertolongan; Kerangka Konseptual; Hipotesis |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1050 Educational Psychology |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 19 Jul 2016 04:13 |
Last Modified: | 03 Aug 2016 07:39 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/7951 |