Situmorang, Marwanty (2015) PENGARUH LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN MENERAPKAN PEMBELAJARAN KARAKTER CERDAS TERHADAP KECERDASAN SOSIAL SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 ONAN GANJANG KAB.HUMBANG HASUNDUTAN T.A 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. 1101151012. COVER.pdf - Published Version
Download (131kB) | Preview
2. 1101151012. LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
3. . 1101151012. KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (370kB) | Preview
4. 1101151012. ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (50kB) | Preview
5. 1101151012. DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (212kB) | Preview
6. 1101151012. DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
7. 1101151012. DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
8. 1101151012. DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (249kB) | Preview
9. 1101151012. BAB 1.pdf - Published Version
Download (505kB) | Preview
13. 1101151012. BAB V.pdf - Published Version
Download (170kB) | Preview
14. 1101151012. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (132kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah: Adakah pengaruh signifikan terhadap pemberian layanan bimbingan kelompok dengan menerapkan PKC-KO dalam meningkatkan kecerdasan sosial di kelas VIII SMP Negeri 1 Onan Ganjang tahun ajaran 2014/2015. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui yang signifikan terhadap pemberian layanan bimbingan kelompok dengan menerapkan PKC-KO dalam meningkatkan kecerdasan sosial di kelas VIII SMP Negeri 1 Onan Ganjang tahun ajaran 2014/2015. Jenis penelitian ini adalah eksperimen yaitu penelitian yang dilakukan dengan memberikan perlakuan kepada sekelompok orang yang dijadikan subjek penelitian. Subjek dalam penelitian ini adalah kelas VIII Tahun ajaran 2014/2015 yang berjumlah 10 orang. Instrument yang digunakan adalah angket untuk menjaring data tentang kecerdasan sosial yang sebelumnya diuji cobakan untuk mengetahui validitas dan reliabilitas angket. Dari 34 angket yang di sebarkan diketahui ada 20 item yang valid dan 14 item yang tidak valid.Jadi jumlah item yang diberikan kepada 10 sampel berjumlah 20 item. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah desain pre-test dan post-test.Pre-test diberikan sebelum dilakukan layanan bimbingan kelompok teknik PKC-KO dan post-test diberikan setelah dilakukan layanan bimbingan kelompok dengan menerapkan PKC-KO. Teknik analisis data penelitian ini menggunakan rumus uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan bimbingan kelompok dengan menerapkan PKC-KO memberikan pengaruh yang signifikan terhadap kecerdasan sosial pada siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Onan Ganjang tahun ajaran 2014/2015. Hal ini teruji dengan menggunakan uji t yang diperoleh dari penghitungan dengan hasilthitung = 4,580 >ttabel= 1,833 ,artinya hipotesis yang diajukanya itu ada pengaruh yang signifikan pemberian layanan bimbingan kelompok dengan menerapkan pkc-ko terhadap kecerdasan sosial pada siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Onan Ganjang tahun ajaran 2014/2015, dapat diterima.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 371.404 7 Sit p |
Keywords: | Pembelajaran Karakter Cerdas; Sarana PKC; Kecerdasan Sosial; Bimbingan Kelompk |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1050 Educational Psychology |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 19 Jul 2016 04:13 |
Last Modified: | 03 Aug 2016 04:36 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/7944 |