Aruri, Dini Ayuning Regina (2015) PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA YANG MENGGUNAKAN METODE DISKUSI DAN METODE SQ3R DALAM TEMA SEHAT ITU PENTING DAN SUB TEMA POLA HIDUP SEHAT DI KELAS V SDN 060908 MEDAN DENAI T.A2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. 1103111016 COVER.pdf - Published Version
Download (104kB) | Preview
2. 1103111016 LEMBAR PERSETUJUAN.pdf - Published Version
Download (853kB) | Preview
3. 1103111016 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (192kB) | Preview
4. 1103111016 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (138kB) | Preview
5. 1103111016 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (238kB) | Preview
6. 1103111016 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (95kB) | Preview
7.1103111016 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (98kB) | Preview
8.1103111016 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (105kB) | Preview
9. 1103111016 BAB I.pdf - Published Version
Download (348kB) | Preview
13.1103111016 BAB V.pdf - Published Version
Download (154kB) | Preview
14. 1103111016 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (167kB) | Preview
Abstract
2015-02-06Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Perbedaan hasil belajar siswa yangmenggunakan Metode Diskusi dan Metode SQ3R dalam Tema Sehat Itu Penting dan SubTema Pola Hidup Sehat Di Kelas V SDN 060908 Medan Denai T.A 2014/2015.Penelitian ini merupakan penelitian Eksperimen yang bertujuan untukmengetahui Perbedaan antara dua variabel yaitu antara Metode Diskusi dengan MetodeSQ3R. Penelitian ini dilaksanakan di SDN 060908 Medan Denai pada semester GanjilT.A. 2014/2015. Adapun Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SDNegeri 060908 Medan Denai yang berjumlah 68 orang, yang terbagi atas kelas V Asebanyak 35 siswa dan kelas V B sebanyak 33 siswa dengan teknik total sampling.Sebelum penelitian dilakukan uji instrumen dengan menguji validitas, reliabilitas,daya pembeda, taraf kesukaran dan pengecoh. Sedangkan pengujian analisis datadilakukan dengan pengujian persyaratan analisis data (uji normalitas dan homogenitas),serta pengujian hipotesis. Hasil uji normalitas menunjukkan hasil belajar siswa denganmenggunakan metode Diskusi (L0 = 0,121) memiliki distribusi tidak normal dan hasilbelajar siswa dengan menggunakan metode SQ3R (L0 = 0,200) memiliki distribusinormal. Hasil uji homogenitas menunjukkan Fhitung (1,17) < harga Ftabel (1,76) Disimpulkanbahwa varians sampel adalah homogen.). Hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa Haditerima dengan perolehan thitung (3,73) >ttabel (1,67). Hal ini berarti terdapat perbedaanhasil belajar siswa yang menggunakan metode diskusi dengan yang menggunakan metodeSQ3R dalam Tema Sehat Itu Penting dan Sub Tema Pola Hidup Sehat terhadap Hasilbelajar Di Kelas V SDN 060908 Medan Denai T.A 2014/2015.Berdasarkan hasil analisis data diatas dapat disimpulkan bahwa terdapatperbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa kelas V yang menggunakan metodeDiskusi dengan yang menggunakan metode SQ3R dalam Tema Sehat Itu Penting dan SubTema Pola Hidup Sehat terhadap Hasil belajar Di Kelas V SDN 060908 Medan Denai T.A2014/2015. Dengan demikian hipotesis yang berbunyi: “Terdapat perbedaan hasil belajarsiswa yang diajar menggunakan Metode Diskusi dengan Metode SQ3R dalam Tema SehatItu Penting dan Sub Tema Pola Hidup Sehat pada Kelas V SDN 060908 Medan DenaiT.A 2014/2015” diterima.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 372.071 Aru p |
Keywords: | hasil Belajar; Diskusi; SQ3R |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 19 Jul 2016 04:13 |
Last Modified: | 03 Aug 2016 02:20 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/7935 |