Depari, Siska Erviani (2014) MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL MAKE A MATCH PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DI KELAS V SDN 050687 SAWIT SEBERANG T.A 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
1 1103111058 Cover.pdf - Published Version
Download (143kB) | Preview
2 1103111058 Lembar Persetujuan.pdf - Published Version
Download (780kB) | Preview
3 1103111058 Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (314kB) | Preview
4 1103111058 Abstrak.pdf - Published Version
Download (129kB) | Preview
5 1103111058 Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (213kB) | Preview
6 1103111058 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
7 1103111058 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
8 1103111058 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (166kB) | Preview
9 1103111058 BAB I.pdf - Published Version
Download (489kB) | Preview
10 1103111058 BAB V.pdf - Published Version
Download (211kB) | Preview
11 1103111058 Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (165kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran Matematika materi mengubah pecahan ke bentuk persen, desimal dan sebaliknya dengan menggunakan model make a match di kelas V SD Negeri 050687 Sawit Seberang T.A 2013/2014. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 050687 Sawit Seberang T.A 2013/2014 dengan jumlah 35 orang yang terdiri dari 19 orang perempuan dan 16 orang laki-laki. Sedangkan objek penelitian ini adalah aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran Matematika materi mengubah pecahan ke bentuk persen, desimal dan sebaliknya dengan menggunakan model pembelajaran Make a Match. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan alat pengumpulan data yang digunakan adalah lembar observasi aktivitas guru dan siswa.Berdasarkan analisis data pada lembar observasi aktivitas guru dan siswa diperoleh hasil pada siklus I Pertemuan I skor aktivitas guru adalah 82,14 dengan kriteria baik dan nilai indikator aktivitas belajar secara klasikal adalah 66,07% dengan 10 siswa (28,57%) mencapai kriteria aktif. Pada siklus I Pertemuan II skor aktivitas guru adalah 89,28 dengan kriteria aktif dan nilai indikator aktivitas belajar secara klasikal adalah 71,71% dengan 2 siswa (5,71%) mencapai kriteria sangat aktif dan 14 siswa (40%) mencapai kriteria aktif. Selanjutnya pada siklus II Pertemuan I skor aktivitas guru adalah 92,85 dengan kriteria sangat aktif dan nilai indikator aktivitas belajar secara klasikal adalah 77,78% dengan 7 siswa (20%) mencapai kriteria sangat aktif dan 15 siswa (42,85%) mencapai kriteria aktif. Pada pertemuan II siklus II skor aktivitas guru adalah 96,42 dengan kriteria sangat baik dan nilai indikator aktivitas belajar secara klasikal adalah 84,28% dengan 11 siswa (31,42%) dinyatakan sangat aktif dan 19 siswa (54,28%) dinyatakan aktif.Dari hasil tersebut dapat diambil kesimpulan bahwa tindakan penelitian berhasil karena nilai indikator aktivitas belajar siswa dan jumlah siswa yang dinyatakan aktif secara klasikal telah mencapai 80%. Dengan demikian maka penggunakan model make a match dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa di kelas V SD Negeri 050687 Sawit Seberang pada mata pelajaran Matematika materi mengubah pecahan ke bentuk persen, desimal dan sebaliknya
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 372.7 Dep m |
Keywords: | Aktivitas belajar; Model pembelajaran; Make a match; Matematika; Pecahan; Bentuk desimal; Bentuk persen. |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 19 Jul 2016 04:13 |
Last Modified: | 03 Aug 2016 08:00 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/7931 |