Sinulingga, Henny Marsiana Br (2014) PENINGKATAN KETERAMPILAN BERBICARA SISWA DENGAN MENGGUNAKAN STRATEGI THINK-PAIR-SHARE PADA PATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI KELAS V SD NEGERI 101765 BANDAR SETIA. Undergraduate thesis, UNIMED.
1 1103311034 COVER.pdf - Published Version
Download (133kB) | Preview
2 1103311034 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (331kB) | Preview
3. 1103311034 PREFACE.pdf - Published Version
Download (339kB) | Preview
4. 1103311034 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (127kB) | Preview
5. 1103311034 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (223kB) | Preview
6. 1103311034 TABLES.pdf - Published Version
Download (170kB) | Preview
7. 1103311034 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (127kB) | Preview
8. 1103311034 GRAFIK.pdf - Published Version
Download (125kB) | Preview
9. 1103311034 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (168kB) | Preview
11. 1103311034 CHAPTER 1.pdf - Published Version
Download (586kB) | Preview
15. 1103311034 CHAPTER 5.pdf - Published Version
Download (166kB) | Preview
16. 1103311034 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (50kB) | Preview
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya keterampilan berbicara siswa. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan berbicara siswa dengan menggunakan strategi think pair share pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kompetensi dasar mengomentari persoalan faktual. Penelitian ini dilakukan di kelas V SD Negeri 101765 Bandar Setia T.A 2013/2014.Penelitian ini menggunakan desain Penelitian Tindakan Kelas dengan dua siklus, yang terdiri atas 4 tahapan yaitu: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian adalah seluruh siswa kelas V-a SD Negeri 101765 Bandar Setia yang berjumlah 24 siswa. Sedangkan objek penelitian ini adalah keterampilan berbicara siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kompetensi dasar mengomentari persoalan faktual dengan menggunakan strategi think pair share. Alat pengumpulan data menggunakan tes lisan dan observasi. Berdasarkan hasil tes keterampilan berbicara siswa pada tes awal terdapat 18 orang siswa (75%) yang belum terampil dan 6 orang siswa (25%) yang masuk dalam kategori terampil dengan rata-rata kelas sebesar 58.75. Pada saat dilaksanakan Siklus I pada pertemuan I dapat diketahui bahwa dari 24 orang siswa sebanyak 11 orang siswa (45.83%) yang tidak terampil berbicara dan sebanyak 13 orang siswa (54.17%) yang masuk dalam kategori terampil dengan rata-rata kelas sebesar 66.46. Jika dibandingkan dengan nilai tes awal, maka telah terjadi peningkatan keterampilan berbicara siswa. Selanjutnya Siklus I Pertemuan II siswa yang terampil meningkat menjadi 15 orang siswa (62.5%). Berdasarkan observasi Siklus II pertemuan I dapat diketahui sebanyak18 orang siswa (75%) telah terampil berbicara sedangkan pada pertemuan II meningkat menjadi sebanyak 20 orang siswa (83.3%) yang terampil berbicara dengan nilai rata-rata kelas sebesar 74.74. Setelah dilakukan pembelajaran dan tes pada Siklus II diperoleh peningkatan keterampilan berbicara siswa dalam pembelajaran Bahasa Indonesia dan sekaligus menandakan bahwa tidak perlu lagi diadakan Siklus berikutnya. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan strategi pembelajaran think pair share dapat meningkatkan keterampilan berbicara siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kompetensi dasar mengomentari persoalan faktual di Kelas IV SD Negeri 101765 Bandar Setia T.A 2013/2014.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 372.6 Sin p |
Keywords: | Keterampilan Berbicara; Model Pembelajaran; Strategi Think-Pair-Share; Mengomentari Persoalan Faktual |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 19 Jul 2016 04:13 |
Last Modified: | 02 Aug 2016 08:16 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/7918 |