Saragih, Andarni Mulana Mandiri (2014) PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TWO STAY TWO STRAY (TSTS) TERHADAP HASIL BELAJAR PADA PELAJARAN IPS POKOK BAHASAN KRIMINALITAS DI KELAS IV SD NEGERI 102115 GUNUNG PAMELA KEC. SIPISPIS KAB. SERDANG BEDAGAI TA 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
1 108313019 COVER.pdf - Published Version
Download (100kB) | Preview
2 108313019 LEMBAR PERSETUJUAN.pdf - Published Version
Download (439kB) | Preview
3 108313019 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (160kB) | Preview
4 108313019 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (121kB) | Preview
5 108313019 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (93kB) | Preview
6 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
7 108313019 DAFTAR GRAFIK.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
8 108313019 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
9 108313019 BAB I.pdf - Published Version
Download (309kB) | Preview
10 108313019 BAB V.pdf - Published Version
Download (91kB) | Preview
11 108313019 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (50kB) | Preview
Abstract
Masalah dalam penelitian ini dirumusakan adalah Apakah terdapat Pengaruh antara Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray (TSTS) Terhadap Hasil Belajar Pada Pelajaran IPS Materi Pokok Kriminalitas di Kelas IV SD Negeri 102115 Gunung Pamela Kec. Sipispis Kab. Serdang Bedagai TA 2013/2014?. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray (TSTS) Terhadap Hasil Belajar Pada Pelajaran IPS Materi Pokok Kriminalitas di Kelas IV SD Negeri 102115 Gunung Pamela Kec. Sipispis Kab. Serdang Bedagai TA 2013/2014.Jenis penelitian ini adalah penelitian populasi. Untuk pengetahuan tersebut data diambil dari sampel yaitu kelas IV yang masing-masing terdiri dua kelas sebanyak 72 Siswa. Sampel diambil dari populasi yang terdiri dari dua kelas. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen semu. Data diambil dengan menggunakan analisis statistik deskriptif dan uji t.Hasil perhitungan pada pengolahan data diperoleh nilai rata-rata post-test di kelas eksperimen sebanyak 81,9 (sangat baik) dan standar deviasi adalah 1,53. Sedangkan hasil post-test kelas kontrol termasuk kategori cukup dengan rata-rata nilai 66,5. Berdasarkan pengujian hipotesis diketahui to sebesar 15,19. Selanjutnya to tersebut dikonsultasikan dengan tabel ttabel 5% dengan dk=n1 + n2-2, yakni 36+36-2, dari dk=70 diperoleh taraf signifikan 5%=1,66. Dengan demikian thitung > ttabel yakni 15,19 > 1,66, maka hipotesis yang menyatakan terdapat pengaruh penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray (TSTS) Terhadap Hasil Belajar Pada Pelajaran IPS Materi Pokok Kriminalitas di Kelas IV SD Negeri 102115 Gunung Pamela Kec. Sipispis Kab. Serdang Bedagai TA 2013/2014 diterima.Dengan demikian maka dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray (TSTS) meningkatkan hasil belajar siswa pada pelajaran IPS khususnya pada materi pokok kriminalitas”. Oleh karenanya guru perlu menerapkan model pembelajaran model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray (TSTS) sebagai upaya untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray (TSTS) juga dapat mengaktifkan siswa melakukan kerjasama dan sosialisi yang dibangun melalui kegiatan kelompok kecil yang heterogen.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 372.89 Sar p |
Keywords: | Hasil Belajar; Metode Pelajaran; Pembelajaran Kooperatif; Hipotesis Tindakan |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 19 Jul 2016 04:13 |
Last Modified: | 02 Aug 2016 07:43 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/7915 |