Siregar, Mei Lina Handayani (2014) PENGARUH LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK TEKNIK DISKUSI DALAM MENGURANGI PRASANGKA ANTAR KELOMPOK SISWA KELAS X MAN 1 MEDAN TAHUN AJARAN 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
1101151013 COVER.pdf - Published Version
Download (94kB) | Preview
1101151013 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (386kB) | Preview
1101151013 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (200kB) | Preview
1101151013 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (115kB) | Preview
1101151013 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (201kB) | Preview
1101151013 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
1101151013 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (103kB) | Preview
1101151013 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (153kB) | Preview
1101151013 BAB I.pdf - Published Version
Download (633kB) | Preview
1101151013 BAB V.pdf - Published Version
Download (233kB) | Preview
1101151013 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (195kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh layanan bimbingan kelompok teknik diskusi dalam mengurangi prasangka antar kelompok siswa kelas X MAN 1 Medan Tahun Ajaran 2013/2014. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh kelas X-6 MAN 1 Medan yang berjumlah 42 siswa. Sampel penelitian ini berjumlah 10 siswa. Instrument yang digunakan dalam penelitian adalah angket prasangka antar kelompok. Angket uji coba prasangka antar kelompok sebanyak 40 butir pernyataan yang diberikan kepada seluruh siswa kelas X-7 MAN 1 Medan yang berjumlah 44 siswa dan yang tidak hadir 2 siswa. Angket prasangka antar kelompok yang valid sebanyak 34 butir pernyataan yang akan diberikan kepada 10 siswa yang mendapatkan perlakuan (Bimbingan Kelompok). Teknik Analisis data menggunakan uji beda (uji t).Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata pre-test = 84,2 dan Standar Deviasi (SD) = 24,88, sedangkan nilai rata-rata post-test = 106,2 dan Standar Deviasi (SD) = 17,44. Dengan demikian pemberian layanan bimbingan kelompok teknik diskusi dapat mengurangi prasangka antar kelompok siswa. Dari hasil analisis uji diperoleh thitung sebesar 5,47 dan ttabel pada N-1 = 10-1 dengan taraf signikfikan 5% sebesar 1,83, dimana thitung > ttabel = (5,47 > 1,83). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa bimbingan kelompok teknik diskusi mempunyai pengaruh dalam mengurangi prasangka antar kelompok siswa kelas X MAN 1 Medan Tahun Ajaran 2013/2014. Hal ini berarti hipotesis penelitian yang berbunyi ada pengaruh layanan bimbingan kelompok teknik diskusi dalam mengurangi prasangka antar kelompok siswa kelas X MAN 1 Medan Tahun Ajaran 2013/2014 dapat diterima.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 371.404 7 Sir p |
Keywords: | Prasangka; Kelompok; Prilaku; Layanan Bimbingan; Teknik Diskusi |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 19 Jul 2016 04:13 |
Last Modified: | 15 Aug 2016 03:28 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/7887 |