Pristanti, Nindya Ayu (2014) PENGARUH LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK TEKNIK BERMAIN PERAN TERHADAP PERILAKU PEDULI LINGKUNGAN SEKOLAH SISWA KELAS XI SMA NEGERI 2 LUBUK PAKAM TAHUN AJARAN 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
1103151045 COVER.pdf - Published Version
Download (64kB) | Preview
1103151045 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (724kB) | Preview
1103151045 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (308kB) | Preview
1103151045 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (129kB) | Preview
1103151045 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (173kB) | Preview
1103151045 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (183kB) | Preview
1103151045 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (179kB) | Preview
1103151045 BAB I.pdf - Published Version
Download (401kB) | Preview
1103151045 BAB V.pdf - Published Version
Download (178kB) | Preview
1103151045 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (130kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perilaku peduli lingkungan sekolah siswa sesudah mengikuti bimbingan kelompok teknik bermain peran dan sebelum mengikuti bimbingan kelompok teknik bermain peran serta mengetahui perilaku peduli lingkungan sekolah siswa yang mendapatkan perlakuan dan yang tidak mendapatkan perlakuan. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu dengan pre-test post-test control group design. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI IPS 1 SMA Negeri 2 Lubuk Pakam, yang berjumlah 10 orang siswa sebagai kelompok perlakuan dan siswa kelas XI IPA 2 10 orang sebagai kelompok kontrol. Instrumen penelitian yang digunakan untuk menjaring data tentang perilaku peduli lingkungan sekolah melalui kuesioner. Teknik analisis data menggunakan uji tanda wilcoxon. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh layanan bimbingan kelompok teknik bermain peran terhadap perilaku peduli lingkungan sekolah siswa kelas XI SMA Negeri 2 Lubuk Pakam. Hal ini dapat dilihat dari hasil uji tanda wilcoxon yang menunjukkan bahwa pada taraf signifikan 5%, hasil perhitungan pre test dan post test pada kelompok perlakuan Thitung < Ttabel (0 < 8) serta Zhitung (-2,083) < Ztabel(-1,96). Dengan demikian, perilaku peduli lingkungan sekolah setelah mendapatkan perlakuan lebih tinggi dari pada sebelum mendapat perlakuan. Pada post test kelompok perlakuan dan post test kelompok kontrol Rhitung < Rtabel (67,5 < 70) sehingga, perilaku peduli lingkungan sekolah siswa yang mendapatkan perlakuan lebih tinggi dari pada siswa yang tidak mendapatkan perlakuan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 371.404 6 Pri p |
Keywords: | Perilaku Peduli; Lingkungan Sekolah; Objek Peduli; Bimbingan Kelompok; Teknik Bermain Peran |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 19 Jul 2016 04:13 |
Last Modified: | 05 Aug 2016 07:55 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/7886 |