Trisnawati, Poppy Tya (2014) PENGARUH LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK TEKHNIK DISKUSI DALAM MENINGKATKAN RASA TANGGUNG JAWAB SISWA KELAS X PADA KEGIATAN EKSTRAKURIKULER DI SMA NEGERI 5 T.A 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
1101151019 COVER.pdf - Published Version
Download (184kB) | Preview
1101151019 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (376kB) | Preview
1101151019 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (309kB) | Preview
1101151019 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (225kB) | Preview
1101151019 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (315kB) | Preview
1101151019 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (187kB) | Preview
1101151019 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (264kB) | Preview
1101151019 BAB I.pdf - Published Version
Download (467kB) | Preview
1101151019 BAB V.pdf - Published Version
Download (293kB) | Preview
1101151019 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (133kB) | Preview
Abstract
Rumusan masalah pada penelitian ini adalah sejauh mana pengaruh layanan bimbingan kelompok teknik diskusi dalam meningkatkan tanggung jawab siswa Kelas X anggota ekstrakurikuler SMA Negeri 5 Medan tahun ajaran 2013/2014. Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh layanan bimbingan kelompok dengan tekhnik diskusi dalam meningkatkan tanggung jawab siswa Kelas X pada ekstrakurikuler di SMA Negeri 5 Medan tahun ajaran 2013/2014Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan desain pre-test dan post-test group. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X anggota ekstrakurikuler SMA Negeri 5 Medan yang berjumlah 10 orang siswa, yang ditentukan dari hasil pre-test. Instrumen yang digunakan adalah angket tanggung jawab untuk menjaring data tentang tanggung jawab siswa yang sebelumnya diuji cobakan untuk mengetahui validitas dan reliabilitas angket. Teknik analisis data menggunakan uji tanda wilcoxon).Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh layanan bimbingan kelompok teknik diskusi terhadap tanggung jawab siswa kelas X anggota ekstrakurikuler SMA Negeri 5 Medan Tahun Ajaran 2013/2014. Hal ini dapat dilihat dari hasil uji wilcoxon yang menunjukkan bahwa pada uji jumlah jenjang wilcoxon diperoleh hasil perhitungan jumlah jenjang bertanda positif = 55 dan jumlah jenjang bertanda negatif = 0. jadi, nilai T= 0 yaitu jumlah jenjang yang lebih kecil.Dari tabel nilai kritis T untuk uji jenjang bertanda wilcoxon untuk n = 10, α = 0,05 pengujian dua arah T0,05 = 8. Oleh karena T(0) < T0,05 (8) maka H0 ditolak. Ini berarti bahwa tanggung jawab siswa antara sebelum dan sesudah pemberian layanan bimbingan kelompok teknik diskusi tidaklah sama, dalam hal ini siswa yang telah mendapatkan pemberian layanan bimbingan kelompok teknik diskusi mempunyai tanggung jawab yang lebih tinggi.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 371.404 7 Tri p |
Keywords: | Layanan Bimbingan Kelompok; Bentuk Kegiatan; Diskusi Kelompok; Tanggung Jawab; Ekstrakurikuler |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 19 Jul 2016 04:13 |
Last Modified: | 05 Aug 2016 03:43 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/7875 |