Pratama M, Rizqi Annisyah Bunga (2014) PENGARUH PEMBERIAN LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK TEKNIK ROLE PLAYING TERHADAP KEADILAN BERSOSIALISASI DENGAN TEMAN SEBAYA PADA SISWA KELAS VIII DI SMP NEGERI 1 KISARAN TAHUN AJARAN 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.
1101151020 COVER.pdf - Published Version
Download (53kB) | Preview
1101151020 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
1101151020 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (204kB) | Preview
1101151020 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (172kB) | Preview
1101151020 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (237kB) | Preview
1101151020 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (89kB) | Preview
1101151020 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (109kB) | Preview
1101151020 BAB I.pdf - Published Version
Download (394kB) | Preview
1101151020 BAB V.pdf - Published Version
Download (211kB) | Preview
1101151020 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (168kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah: Apakah Ada Pengaruh Pemberian Layanan Bimbingan Kelompok Teknik Role Playing terhadap keadilan bersosialisasi Dengan Teman Sebaya pada siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Kisaran tahun ajaran 2014/2015. Tujuan dalam penelitian ini adalah: untuk mengetahui Pengaruh Pemberian Layanan Bimbingan Kelompok Teknik Role Playing terhadap bersosialisasi Dengan Teman Sebaya pada siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Kisaran tahun ajaran 2014/2015. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen yaitu penelitian dengan memberikan perlakuan kepada sekelompok orang yang dijadikan subjek penelitian. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa SMP Negeri 1 Kisaran yang memiliki keadilan bersosialisasi rendah dengan teman sebaya yang terdiri dari 10 orang siswa yang ditentukan dari hasil pre-test. Instrumen yang digunakan adalah angket untuk menjaring data tentang keadilan bersosialisasi dengan teman sebaya siswa yang sebelumnya diuji cobakan untuk mengetahui validitas dan reliabilitas angket. Instrument diberikan sebelum dan sesudah pelaksanaan layanan bimbingan kelompok dengan teknik role playing. Teknik analisis data menggunakan uji tanda wilcoxon. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemberian layanan bimbingan kelompok dengan teknik role playing diperoleh nilai rata-rata pre-test xA = 57,8 dan Standart Deviasi (SD) = 182,77 sedangkan sesudah diberikan layanan bimbingan kelompok dengan teknik role playing diperoleh nilai rata-rata post-test Xb = 79,4 dan Standart Deviasi (SD) = 251,09. Dengan demikian pemberian layanan konseling kelompok dengan teknik role playing berpengaruh terhadap keadilan bersosialisasi dengan teman sebaya pada siswa kelas VIII di SMP Negeri 1 Kisaran tahun ajaran 2014/2015. Hal ini teruji dengan menggunakan uji tanda wilcoxon dengan hasil Jhitung ,< Jtabel yaitu 0 < 8, Serta Z hitung (-2,083) < Ztabel (-1,96). artinya terdapat pengaruh yang signifikan dan positif dari pemberian layanan bimbingan kelompok dengan teknik role playing terhadap peningkatan keadilan bersosialisasi dengan teman sebaya pada siswa kelas VIII di SMP Negeri 1 Kisaran tahun ajaran 2014/2015.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 371.404 6 Pra p |
Keywords: | Keadilan; Bersosialisasi; Role playing; Bimbingan kelompok |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 19 Jul 2016 04:13 |
Last Modified: | 04 Aug 2016 08:15 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/7862 |