Siregar, Andry Liany (2014) MENINGKATKAN PENGENDALIAN DIRI KETIKA MEMPEROLEH HASIL BELAJAR RENDAH MELALUI LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK TEKNIK DISKUSI PADA SISWA KELAS XI SMA SWASTA YAYASAN PERGURUAN KELUARGA PEMATANG SIANTAR T.A 2013/2014”. Undergraduate thesis, UNIMED.
1101151002 COVER.pdf - Published Version
Download (123kB) | Preview
1101151002 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (798kB) | Preview
1101151002 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (260kB) | Preview
1101151002 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (180kB) | Preview
1101151002 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (170kB) | Preview
1101151002 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (125kB) | Preview
1101151002 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (124kB) | Preview
1101151002 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (125kB) | Preview
1101151002 BAB I.pdf - Published Version
Download (553kB) | Preview
1101151002 BAB V.pdf - Published Version
Download (167kB) | Preview
1101151002 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (174kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah layanan bimbingan kelompok teknik diskusi dapat meningkatkan pengendalian diri ketika memperoleh hasil belajar rendah. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pengendalian diri ketika memperoleh hasil belajar rendah melalui layanan bimbingan kelompok teknik diskusi.Jenis penelitian yang dilakukan adalah Penelitian Tindakan Bimbingan Konseling (PTBK) dengan menggunakan metode kualitatif. Populasi dari penelitian ini adalah siswa kelas XI yang berjumlah 34 siswa. Kemudian melalui instrumen ditentukan 7 orang siswa yang tidak dapat mengendalikan diri dan 3 orang siswa yang cukup dapat mengendalikan diri, sehingga didapat 10 siswa yang menjadi subjek penelitian.Pengumpulan data penelitian dilakukan melalui angket dan observasi. Analisa data dilakukan dengan cara menganalisis presentasi skor angket, laiseg, lebar evaluasi dan lembar observasi yang digunakan selama proses bimbingan kelompok berlangsung. Setelah tindakan siklus I terjadi peningkatan pengendalian diri siswa menjadi 5 orang siswa dapat mengendalikan diri, 1 orang yang cukup dapat mengendalikan diri dan 4 orang siswa yang tidak dapat mengendalikan diri. Setelah tindakan siklus II peningkatan juga terjadi menjadi 8 orang siswa yang dapat mengendalikan diri dan 2 orang yang cukup dapat mengendalikan diri ketika memperoleh hasil belajar rendah.Hasil penelitian ini menunjukan bahwa bimbingan kelompok teknik diskusi dapat meningkatkan pengendalian diri ketika memperoleh hasil belajar rendah. Maka peneliti menyarankan guru bimbingan konseling dapat menggunakan layanan bimbingan kelompok teknik diskusi sebagai alternatif yang tepat menangani permasalahan siswa khususnya meningkatkan pengendalian diri ketika memperoleh ahsil belajar rendah pada siswa kelas XI SMA Swasta Yayasan Perguruan Keluarga Pematangsiantar T.A 2013/2014
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 371.404 7 Sir m |
Keywords: | Pengendalian Diri Ketika Memperoleh Hasil Belajar Rendah; teknik Diskusi; Bimbingan kelompok |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 19 Jul 2016 04:13 |
Last Modified: | 04 Aug 2016 07:43 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/7858 |