MASTINA (2014) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA PELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN MATERI POKOK SISTEM PEMERINTAHAN PUSAT KELAS IV MIS NURUL HIDAYAH MEDAN DENAI TAHUN AJARAN 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
1101111012 COVER.pdf - Published Version
Download (10kB) | Preview
1101111012 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (390kB) | Preview
1101111012 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (19kB) | Preview
1101111012 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (12kB) | Preview
1101111012 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (13kB) | Preview
1101111012 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (6kB) | Preview
1101111012 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (8kB) | Preview
1101111012 BAB I.pdf - Published Version
Download (21kB) | Preview
1101111012 BAB V.pdf - Published Version
Download (13kB) | Preview
1101111012 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (8kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan ntuk meningkatkan motivasi belajar siswa kelas IV MIS Nurul Hidayah Medan Denai menjadi masalah dalam penelitian ini adalah apakah dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Make A Match dapat meningkatkan motivasi belajar siswa pada pelajaran pendidikan kewarganegaraan materi pokok sistem pemerintahan pusat kelas IV MIS Nurul Hidayah Medan Denai.Penelitian ini terdiri dari dua observasi dan dua siklus I dan Siklus II, di mana Setiap siklus dilakukan 2x pertemuan. Selanjutnya memberikan lembar angket di sebelum tindakan dan sesudah siklus II untuk melihat motivasi belajar siswa.Penelitan adalah penelitian tindakan kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV MIS Nurul Hidayah Medan Denai yang berjumlah 30 orang siswa, 7 siswa laki-laki dan 23 siswa perempuan. Alat yang digunakan dalam pengumpulan data adalah observasi dan angket yang dilakukan pada saat pembelajaran berlangsung guna mendapatkan data motivasi belajar siswa pada materi pemerintahan tingkat pusat.Berdasarkan analisis data observasi pada siklus I pertemuan I hanya 12 orang siswa memiliki motivasi belajar dengan kriteria rendah ( 40%). Pada saat siklus I pertemuan II ada 16 orang siswa dengan kriteria sedang dan tinggi (53,33%). Dan pada siklus II pertemuan I persentase motivasi belajar siswa mengalami peningkatan yaitu 25 orang siswa memiliki motivasi belajar dengan kriteria sedang dan tinggi ( 83,33%) dan pada siklus II pertemuan II semakin meningkat lagi sesuai dengan persentase yang ingin dicapai pada tingkat motivasi belajar siswa, yaitu 29 orang siswa memiliki motivasi belajar tinggi dan sangat tinggi (96,66%). Dengan demikian dapat dinyatakan bahwa motivasi belajar siswa meningkat dalam pelajaran pendidikan kewarganegaraan materi pokok sistem pemerintahan pusat dengan Make A Match.Berdasarkan hasil penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa dengan menerapkan Make A Match dapat meningkatkan motivasi belajar siswa pada pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Kelas IV MIS Nurul Hidayah Medan Denai.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 372.832 Mas p |
Keywords: | Model Pembelajaran Kooperatif; Make a Match; Motivasi Belajar; Penelitian Tindakan Kelas |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 19 Jul 2016 04:13 |
Last Modified: | 03 Aug 2016 08:47 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/7843 |