Angkat, Ahmad Yamin (2014) PENGARUH PEMBERIAN LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK TEKNIK ROLE PLAYING TERHADAP KARAKTER KEMANDIRIAN SISWA DALAM BELAJAR KELAS VIII SMP NEGERI 3 PENANGGALAN TAHUN AJARAN 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.
1101151001 COVER.pdf - Published Version
Download (98kB) | Preview
1101151001 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (653kB) | Preview
1101151001 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (301kB) | Preview
1101151001 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (218kB) | Preview
1101151001 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (324kB) | Preview
1101151001 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (105kB) | Preview
1101151001 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (190kB) | Preview
1101151001 BAB I.pdf - Published Version
Download (307kB) | Preview
1101151001 BAB V.pdf - Published Version
Download (144kB) | Preview
1101151001 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (92kB) | Preview
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah: Apakah ada pengaruh pelaksanaan layanan bimbingan kelompok teknik role playing dapat mengembangkan karakter kemandirian siswa dalam belajar kelas VIII SMP Negeri 3 Penanggalan Tahun Ajaran 2014/2015. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemberian layanan bimbingan kelompok teknik role playing terhadap karakter kemandirian siswa dalam belajar kelas VIII SMP Negeri 3 Penanggalan Tahun Ajaran 2014/2015. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII ᴮ berjumlah 8 siswa yang terdiri dari 5 siswa yang memiliki karakter kemandirian yang rendah dan 3 siswa yang memiliki karakter kemandirian sedang. Instrumen yang digunakan adalah angket untuk mengetahui data tentang karakter kemandirian siswa dalam belajar yang sebelumnya diuji cobakan untuk mengetahui validitas dan reliabilitas angket. Instrument diberikan sebelum dan sesudah pelaksanaan layanan bimbingan kelompok teknik role playing. Teknik analisis data menggunakan uji beda (uji t). Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemberian layanan bimbingan kelompok teknik role playing diperoleh nilai rata-rata pre-test xA = 59,62 dan Standart Deviasi (SD) = 8,97 sedangkan sesudah dilaksanakan bimbingan kelompok teknik role playing diperoleh nilai rata-rata post-test Xb = 76,12 dan Standart Deviasi (SD) = 5,76. Dengan demikian pemberian layanan bimbingan kelompok teknik role playing berpengaruh terhadap karakter kemandirian siswa dalam belajar kelas VIII SMP Negeri 3 Penanggalan Tahun Ajaran 2014/ 2015. Hal ini teruji dengan menggunakan uji t dengan hasil thitung > ttabel yaitu 11 > 1,74 artinya terdapat pengaruh yang signifikan dari pemberian layanan bimbingan kelompok teknik role playing terhadap karakter kemandirian siswa dalam belajar kelas VIII SMP Negeri 3 Penanggalan Tahun Ajaran 2014/ 2015, dapat diterima.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 371.404 7 Ang p |
Keywords: | Karakter Mandiri; Belajar; Bimbingan Kelompok; Teknik Role Playing; Keuntungan dan Kelemahan |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1050 Educational Psychology |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 19 Jul 2016 04:13 |
Last Modified: | 02 Aug 2016 06:52 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/7817 |