Yanti, Yarni Eli (2013) PERAN PENDIDIK PAUD DALAM MENGEMBANGKAN KREATIVITAS ANAK USIA (5-6 TAHUN) MELALUI CERITA BERGAMBAR DI TAMAN KANAK – KANAK BAKTI PANCUR BATU. Undergraduate thesis, UNIMED.
061211310039 COVER.pdf - Published Version
Download (181kB) | Preview
061211310039 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (359kB) | Preview
061211310039 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (262kB) | Preview
1103151024 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (131kB) | Preview
061211310039 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (261kB) | Preview
061211310039 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (177kB) | Preview
061211310039 DAFTAR BAGAN.pdf - Published Version
Download (125kB) | Preview
061211310039 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (125kB) | Preview
061211310039 BAB I.pdf - Published Version
Download (552kB) | Preview
061211310039 BAB V.pdf - Published Version
Download (221kB) | Preview
061211310039 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (266kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan pokok Peran Pendidik PAUD dalam mengembangkan Kreativitas anak (usia 5-6 tahun) melalui cerita bergambar di Taman Kanak – Kanak Bakti Pancur Batu. Tujuan ini untuk mengetahui bagaimana peran Pendidik dalam mengembangkan kreativitas anak usia (5-6 tahun) melalui cerita bergambar di Taman Kanak – Kanak Bakti Pancur Batu. Drevdahl dalam penelitian Dian Pramesti (2007:25) menjelaskan kreativitas merupakan kemampuan seseorang menghasilkan gagasan baru berupa kegiatan atau sintesis pemikiran yang mempunyai maksud dan tujuan yang ditentukan, bukan fantasi semata. Dengan menggunkan media Buku cerita bergambar Pendidik dapat mengembangkan kreativitas anak usia (5-6) tahun Penelitian ini menggunakan deskriptif kualitatif, dengan informan penelitian adalah seluruh Tenaga Pendidik Taman kanak – kanak Bakti Pancur Batu. Subjek penelitian yaitu 3 orang pendidik paud. Data dikumpulkan dengan teknik wawancara (ditujukan kepada tenaga pendidik paud), Observasi(ditujukan kepada Peserta didik), Dokumentasi. Data yang terkumpul dianalisis dengan langkah: pengumpulan data, reduksi data, display data, menarik kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Peran pendidik paud dalam mengembangkan kreativitas anak usia (5-6 tahun) Melalui cerita bergambar di Taman Kanak – Kanak Bakti Pancur Batu dilakukan dengan cara: Pendidik memahami perkembangan kreativitas anak, pendidik merancang proses pembelajaran dengan baik, menggunakan media cerita bergambar, pendidik memberikan waktu yang cukup bagi anak didik untuk menguasai materi pembelajaran, pendidik sebagai pembimbing, dan fasilitator dalam proses pembelajaran, pendidik memberikan perhatian yang khusus terhadap warga belajar yang mempunyai pencapaian di bawah rata –rata kriteria yang telah ditetapkan, melakukan evaluasi upaya yang dilakukan . faktor penghambat yang ditemukan mencakup factor intern dan faktor eksternal mencakup keterbatasan media yang ada. Dari hasil wawancara dan observasi terungkap bahwa Peran Pendidik Paud dalam mengembangkan kreativitas anak (usia 5-6 tahun) melalui cerita bergambar dapat mengembangkan kreativitas anak usia dini di Taman Kanak – Kanak Bakti, dan bila diterapkan lebih baik akan lebih berhasil
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 374.018 Yan p |
Keywords: | Anak Usia Dini; Pendidik; Kreativitas; Anak Kreatif; Media Pembelajaran; Cerita Bergambar |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 19 Jul 2016 04:13 |
Last Modified: | 11 Aug 2016 07:05 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/7740 |