Irwan, Mahfuzi (2014) IDENTIFIKASI KESULITAN TUTOR YANG BERGELAR SARJANA NON KEPENDIDIKAN DALAM PROSES PEMBELAJARAN KELOMPOK BELAJAR PAKET B DI KOTA BINJAI. Undergraduate thesis, UNIMED.
1103171018 COVER.pdf - Published Version
Download (69kB) | Preview
1103171018 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (554kB) | Preview
1103171018 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (40kB) | Preview
1103171018 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (35kB) | Preview
1103171018 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (36kB) | Preview
1103171018 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (31kB) | Preview
1103171018 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (31kB) | Preview
1103171018 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (31kB) | Preview
1103171018 RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version
Download (32kB) | Preview
1103171018 BAB I.pdf - Published Version
Download (50kB) | Preview
1103171018 BAB V.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
1103171018 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (37kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ialah masih banyaknya tutor paket B yang berasal dari latar belakang non kependidikan, latar belakang pendidikan tutor kurang ideal untuk mengajar program paket B, motivasi warga belajar yang kurang kuat, fasilitas belajar bagi warga belajar masih terbatas, dukungan pengelola dan pemerintah masih terbatas. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui apa saja kesulitan tutor yang bergelar sarjana non kependidikan dalam proses pembelajaran kelompok belajar paket B. Dalam penelitian ini teori yang digunakan ialah “Peraturan Pemerintah Republik Indonesia No.19 tahun 2005 tentang standar pendidikan nasional” dikatakan bahwa standar nasional pendidikan adalah kriteria minimal tentang sistem pendidikan di seluruh wilayah hukum Negara Kesatuan Republik Indonesia. Penelitian menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif dengan subjek penelitian adalah 2 orang tutor paket B yang bergelar sarjana non kependidikan di Kota Binjai yang ditentukan secara purposive. Data dikumpulkan dengan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Data yang terkumpul dianalisis dengan langkah: Reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam proses pembelajaran kelompok belajar paket B di Kota Binjai, tutor-tutor yang bergelar sarjana non kependidikan mengalami banyak kesulitan dalam proses pembelajaaran. Kesimpulan yang dapat diperoleh dalam penelitian ini yaitu kesulitan-kesulitan yang teridentifikasi terletak pada : 1) Proses perencanaan pembelajaran, yaitu kesulitan dalam menyusun RPP dan silabus. 2) Proses pelaksanaan pembelajaran, yaitu kesulitan dalam kegiatan pendahuluan, kegiatan inti (eksplorasi, elaborasi, konfirmasi), kegiatan penutup, dan 3) Penilaian hasil pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 374.22 Irw i |
Keywords: | Profil Tutor; Proses Pembelajaran; Fungsi Tutor; Faktor Warga Belajar; Faktor Sarana dan Prasarana; Faktor Lingkungan |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 19 Jul 2016 04:13 |
Last Modified: | 10 Aug 2016 07:31 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/7719 |