Lubis, Renni Ramadhani (2014) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD PADA PELAJARAN SAINS DI KELAS IV MIN SEI AGUL MEDAN T.A 2013-2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
1103311065 COVER.pdf - Published Version
Download (58kB) | Preview
1103311065 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (2MB) | Preview
1103311065 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (134kB) | Preview
1103311065 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (92kB) | Preview
1103311065 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (89kB) | Preview
1103311065 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
1103311065 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (88kB) | Preview
1103311065 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
1103311065 DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
1103311065 BAB I.pdf - Published Version
Download (258kB) | Preview
1103311065 BAB V.pdf - Published Version
Download (94kB) | Preview
1103311065 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (50kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah Rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran SAINS di kelas IV MIN SEI AGUL MEDAN. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penggunaan model pembelajaran Kooperatif Tipe STAD (Student Teams Achievement Division) di MIN SEI AGUL MEDAN dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada pelajaran sains di Kelas IV. Penelitian ini dilaksanakan di MIN SEI AGUL MEDAN. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV yang berjumlah 28 orang dan objek penelitian ini adalah meningkatkan hasil belajar siswa melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD pada pelajaran SAINS. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan lembar observasi guru dan siswa serta tes pilihan berganda dengan 20 soal untuk melihat hasil belajar siswa. Dari hasil analisis diperoleh data pretest sebagian hasil belajar awal siswa dengan persentase 39,64 dengan ketuntasan belajar siswa sebanyak 2 orang (7,14%) dan yang belum memenuhi ketuntasan belajar sebanyak 26 orang (92,85%) dari 28 siswa yang menunjukkan rendahnya hasil belajar siswa dalam menyelesaikan soal. Selanjutnya pada siklus I nilai rata-rata yang diperoleh siswa adalah 60,17 dengan ketuntasan belajar siswa sebanyak 13 orang (46,42%) dari 28 siswa dan 15 siswa (53,57%) yang belum memenuhi ketuntasan belajar. Pada siklus II diperoleh nilai rata-rata kelas meningkat menjadi 75,53 yang memenuhi ketuntasan belajar siswa sebanyak 23 orang (82,14%) dari 28 siswa sedangkan siswa yang belum memenuhi ketuntasan belajar sebanyak 5 orang (17,85%). Jadi dapat disimpulkan bahwa penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD di kelas IV MIN SEI AGUL MEDAN T.A 2013-2014 dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini berarti bahwa penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat digunakan sebagai model pembelajaran alternatif dalam mata pelajaran SAINS khususnya materi gaya memengaruhi gerak benda.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 372.357 Lub m |
Keywords: | Pengertian Belajar; Hasil Belajar; Model Pembelajaran; Pembelajaran Kooperatif; STAI; Sains; Materi Gaya; Gerak Benda; SD |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 19 Jul 2016 04:13 |
Last Modified: | 10 Aug 2016 04:12 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/7712 |