CARMILA, EKA (2014) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN REFLEKTIF PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS V SD NEGERI 023972 BINJAI KOTA T.A 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
1102111001 COVER.pdf - Published Version
Download (208kB) | Preview
1102111001 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
1102111001 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (197kB) | Preview
1102111001 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (124kB) | Preview
1102111001 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
1102111001 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (122kB) | Preview
1102111001 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (122kB) | Preview
1102111001 BAB V.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
1102111001 BAB I.pdf - Published Version
Download (204kB) | Preview
1102111001 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (122kB) | Preview
1102111001 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (124kB) | Preview
1102111001 DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version
Download (67kB) | Preview
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa dalam menggunakan model pembelajaran reflektif pada mata pelajaran IPS di kelas V SD Negeri 023972 Binjai Kota T.A 2013/2014. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas denga dua siklus, yang terdiri dari 4 tahap yaitu: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V yang berjumlah 24 orang siswa yang terdiri dari 11 siswa laki-laki dan 13 orang siswa perempuan. Sedangkan objek penelitian ini adalah hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS materi pokok Tokoh-tokoh Pergerakan Nasional dengan penerapan model pembelajaran Reflektif. Alat pengumpulan data menggunakan observasi dan tes.Pada pre test awal diperoleh tes hasil belajar siswa pada materi pokok Tokoh-Tokoh Pergerakan Nasional yaitu dengan nilai rata-rata 46 dan presentase 17% (4 siswa). Setelah diterapkan model pembelajran reflektif pada siklus I diperoleh tingkat pencapaian hasil belajar siswa mencapai nilai rata-rata 64 dengan presentase 46% (11 siswa) terjadi peningkatan sebesar 29%. Sedangkan pada siklus II diperoleh tingkat pencapaian hasil belajar mencapai nilai rata-rata 83 dengan persentase ketuntasan siswa sebesar 92% (22 siswa).Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dengan menggunkan model pembelajaran Reflektif pada proses pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar siswa bila diterapkan pada pelajaran IPS dengan materi pokok Tokoh-Tokoh Pergerakan Nasional di Kelas V SD NEGERI 023972 BINJAI KOTA Tahun Ajaran 2013/2014.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 372.83 Car m |
Keywords: | Hasil Belajar; Model Pembelajaran; SD; Pembelajaran Reflektif; Hakikat Belajar; IPS |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 19 Jul 2016 04:13 |
Last Modified: | 09 Aug 2016 03:46 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/7709 |