Astuti, Tri (2014) PENGARUH PENERAPAN LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK TEKNIK SOSIODRAMA TERHADAP KONSEP DIRI SISWA KELAS X SMA SWASTA BUDI AGUNG MEDAN TAHUN AJARAN 2013 – 2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
1103151066 COVER.pdf - Published Version
Download (229kB) | Preview
1103151066 LEMBAR PENGESAHAN DAN RIWAT HIDUP PENULIS.pdf - Published Version
Download (352kB) | Preview
1103151066 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (299kB) | Preview
1103151066 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (298kB) | Preview
1103151066 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (201kB) | Preview
1103151066 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
1103151066 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (130kB) | Preview
1103151066 BAB I.pdf - Published Version
Download (405kB) | Preview
1103151066 BAB V.pdf - Published Version
Download (207kB) | Preview
1103151066 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (191kB) | Preview
Abstract
Rumusan masalah yang diajukan dalam penelitian ini adalah : Apakah ada pengaruh layanan bimbingan kelompok teknik sosiodrama terhadap peningkatan konsep diri siswa Kelas X SMA Swasta Budi Agung Medan tahun pelajaran 2013-2014. Tujuannya adalah untuk mengetahui pengaruh layanan bimbingan kelompok teknik sosiodrama terhadap konsep diri siswa Kelas X SMA Swasta Budi Agung Medan tahun pelajaran 2013-2014. Subjek dalam penelitian ini adalah 10 siswa kelas X SMA Swasta Budi Agung Medan. Pemilihan subjek penelitian yaitu siswa yang memiliki konsep diri rendah yang didapat dari hasil pretest konsep diri. Penelitian ini termasuk jenis penelitian Eksperimental – Semu yaitu, model rancangan eksperimen dengan penelitian yang memberikan perlakuan kepada sekelompok orang yang dijadikan subjek penelitian. Penelitian ini menggunaka dua variabel yaitu layanan bimbingan kelompok teknik sosiodram (X) sebagai variabel bebas, konsep diri (Y) sebagai variabel terikat. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah angket konsep diri dengan menggunakan skala likert. Dengan desain penelitian one group pre test – post test. Teknik analisis data menggunakan SPSS 16 untuk menguji validitas angket. Selanjutnya untuk melihat sebaran angket itu dikatakan normal atau tidak maka digunakan uji normalitas. Sedangkan untuk melihat apakah ada pengaruh teknik sosiodrama layanan bimbingan kelompok terhadap konsep diri siswa menggunakan t-tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh yang signifikan layanan bimbingan kelompok teknik sosiodrama terhadap konsep diri siswa kelas X SMA Swasta Budi Agung Medan. Hal ini diketahui dari melihat t hitung > t tabel. Melalui perhitungan T. Test, diperoleh 22,582 < 1,833. Sehingga dari hasil ini dapat dikemukakan hipotesis penelitian yang berbunyi : Ada Pengaruh Layanan Bimbingan Kelompok Teknik Sosiodrama Terhadap Konsep Diri Siswa SMA Swasta Budi Agung dinyatakan diterima.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 371.404 7 Ast p |
Keywords: | Konsep Diri; Pembentukan; Layanan Bimbingan Kelompok; Teknik Sosiodrama |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling |
Depositing User: | Mr Fifri Juanda Harahap |
Date Deposited: | 19 Jul 2016 04:13 |
Last Modified: | 08 Aug 2016 07:25 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/7690 |