Daulay, Masdalifah (2014) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN RESOURSE BASE LEARNING (RBL) DI KELAS V SD NEGERI 060875 MEDAN TAHUN AJARAN2011/2012. Undergraduate thesis, UNIMED.
071211920225 COVER.pdf - Published Version
Download (65kB) | Preview
071211920225 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (354kB) | Preview
071211920225 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (207kB) | Preview
071211920225 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (98kB) | Preview
071211920225 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (63kB) | Preview
071211920225 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (33kB) | Preview
071211920225 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (66kB) | Preview
071211920225 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (33kB) | Preview
071211920225 BAB I.pdf - Published Version
Download (322kB) | Preview
071211920225 BAB V.pdf - Published Version
Download (62kB) | Preview
071211920225 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (36kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 060875 Medan Tahun Ajaran2011/2012. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK).Pendekatan yang dilakukan adalah pendekatan kualitatif karena penelitian inibertujuan untuk mengungkapkan kesulitan-kesulitan yang dialami siswa dalammenyelesaikan soal-soal bangun ruang di Kelas V. Permasalahan yang diangkatdalam penelitian ini adalah Apakah dengan menggunakan Model PembelajaranResource Base Learning (RBL) dapat meningkatkan hasil belajar matematikansiswa pada materi pokok bangun datar di Kelas V SD Negeri 060875 Medan T.A2011/2012? Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa padamata pelajaran matematik dengan menggunakan model pembelajaran ResouceBase Learning (RBL) di Kelas V Pada Materi Pokok Bangun Ruang SD Negeri060875 Medan T.A 2011/2012. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswakelas V sebanyak 40 orang siswa. Prosedur tindakan kelas ini ditempuh dalam 2siklus. Langkah-langkah setiap pembelajaran terdiri atas perencanaan,pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Cara pengambilan data dalam penelitian inidengan mengumpulkan nilai pretes, Siklus I, Siklus II. Sebagai tolak ukurkeberhasilannya adalah apabila hasil belajar siswa pada materi alat pencernaanpada manusia meningkat, yaitu tingkat ketuntasan klasikal sebesar > 70.Berdasarkan analisis data pada awal tindakan tingkat ketuntasan belajarsiswa secara klasikal dapat diketahui dari 40 orang siswa terdapat sebanyak 6orang siswa dengan persentase 15% mendapat nilai tuntas, dan sebanyak 34 orangsiswa dengan peresentase 85% belum tuntas dengan rata-rata nilai 51,52. Padasiklus I hasil belajar mengalami perubahan menjadi sebanyak 20 orang siswadengan peresentase 50% mendapat nilai tuntas, dan sebanyak 20 orang siswadengan peresentase 50% mendapat nilai belum tuntas dengan rata-rata nilai 65,75.Pada siklus II terdapat sebanyak 37 orang siswa dengan peresentase 92,5% yangmendapat nilai tuntas, dan sebanyak 3 orang siswa dengan peresentase 7,95%yang belum tuntas dengan rata-rata nilai 84,75.Berdasarkan hasil penelitiantersebut, dapat disimpulkan model pembelajaran resource base learning (RBL)dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa pada materi pokok bangundatar di Kelas V SD Negeri 060875 Medan T.A 2011/2012.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 372.92 Dau m |
Keywords: | Hasil Belajar; Resources BAsed Learning; Manfaat REL; Pendekatan PBL |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Fifri Juanda Harahap |
Date Deposited: | 19 Jul 2016 04:13 |
Last Modified: | 08 Aug 2016 02:43 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/7681 |