Santi, Enida (2014) UPAYA MENINGKATKAN KREATIVITAS ANAK MELALUI BERMAIN KOLASE DI KELOMPOK B PAUD PUTRI BETUNG GAYO LUES TAHUN AJARAN 2012 / 2013. Undergraduate thesis, UNIMED.
109098005 COVER.pdf - Published Version
Download (214kB) | Preview
109098005 LEMBAR PERSETUJUAN - LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (2MB) | Preview
109098005 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (282kB) | Preview
109098005 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (128kB) | Preview
109098005 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (251kB) | Preview
109098005 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
109098005 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (127kB) | Preview
109098005 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
109098005 BAB I.pdf - Published Version
Download (503kB) | Preview
109098005 BAB V.pdf - Published Version
Download (224kB) | Preview
109098005 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (559kB) | Preview
Abstract
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan dua siklus terdiri dari perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Instrumen pengumpulan data adalah lembar observasi.Subjek penelitian ini adalah anak kelompok B PAUD Putri Betung gayo lues yang berjumlah 20 orang yang terdiri 15 laki-laki dan 5 orang anak perempuan. Yang menjadi objek penelitian ini adalah bermain kolase dapat meningkatkan kreativitas anak.Yang menjadi masalah dalam penelitian ini adalah kurangnya kemampuan anak dalam bermain kolase, guru lebih memfokuskan pembelajaran di bidang akademik seperti menulis, membaca dan berhitung, guru jarang melakukan kegiatan yang dapat meningkatkan kreativitas anak. Penelitian bertujuan untuk mengetahui apakah dengan bermain kolase dapat meningkatkan kreativitas anak di kelompok B PAUD Putri Betung Gayo Lues T.A 2012/2013.Hasil penelitian pada siklus I adalah pada pertemuan I siklus I terdapat sebanyak 18 atau (90%) orang anak yang tergolong rendah, 2 orang anak atau (10%) tergolong tinggi, peneittidak ada anak yang tergolong sangattinggi maupun sangat rendah, dalam bermain kolase masih banyak anak yang kurang mampu, hasil tempelan anak masih keluar garis, hasil tempelan anak masih terlihat belum penuh pada pola yang disediakan. Peneliti melanjutkan ke siklus II dengan mengunakan bahan alam. Pada sikus II hasil yang di proleh adalah terdapat peningkatan kreativitas anak, yaitu banyaknya anak yang tergolong sangat tinggi meningkat menjadi 17 atau (85%) orang anak dan tergolong tinggi menjadi 3 atau (15%) orang anak dan tidak ada anak yang tergolong rendah maupun sangat rendah menjadi menurun tidak ada atau (0%).Pada hasil tersebut menunjukan bahwa pada siklus II perkembangan anak menjadi meningkat.Dari penelitian yang dilakukan dari siklus I dan siklus II bahwa dengan bermain kolase dapat meningkatkan kreativitas anak di kelompok B PAUD Putri Betung Gayo Lues T.A 2012/2013.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 374.019 San u |
Keywords: | Kreativitas; Ciri-ciri Kreativitas; Pengertian Bermain; Bermain Kolase; Manfaat Bermain Kolose |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > PG-PAUD |
Depositing User: | Mr Fifri Juanda Harahap |
Date Deposited: | 19 Jul 2016 04:13 |
Last Modified: | 08 Aug 2016 01:58 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/7658 |