Sinuhaji, Amsal Prima (2014) PENGARUH PERMAINAN KONSTRUKTIF TANGRAM TERHADAP PENGEMBANGAN KREATIVITAS ANAK USIA DINI USIA 5-6 TAHUN DI TK WIJAYANTA TIGAPANAH KABUPTEN KARO TAHUN AJARAN 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.
1103113002 COVER.pdf - Published Version
Download (56kB) | Preview
1103113002 LEMBAR PERSETUJUAN - PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
1103113002 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (133kB) | Preview
1103113002 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (97kB) | Preview
1103113002 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (92kB) | Preview
1103113002 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
1103113002 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
1103113002 BAB I.pdf - Published Version
Download (270kB) | Preview
1103113002 BAB V.pdf - Published Version
Download (131kB) | Preview
1103113002 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (51kB) | Preview
Abstract
Permasalahan pada penelitian ini adalah guru jarang menggunakan permainan konstruktif tangram dalam pengembangan kreativitas anak,pembelajaran di Taman kanak-kannak memfokuskan kegiatan membaca,menulis dan berhitung,yang berdampak pada rendahnya kreativitas anak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengembangan kreativitas anak usia 5-6 tahun melalui permainan konstruktif tangram, di TK Wijayanta Tigapanah. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen, populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa TK Wijayanta Tigapanah yang berjumlah 41 anak, sedangkan sampel dalam penelitian ini yaitu kelas B1 sebagai kelas eksperimen dan kelas B2 sebagai kelas control yang diambil dengan metode tehnik random sampling unit (kelas) masing-masing 15 orang anak. Tehnik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi terstruktur, dan analisis data yang lakukan dalam penelitian ini yaitu analisis deskribtip dan dengan uji t dengan taraf nyata α = 0,05.Berdasarkan hasil analisis data diatas diperoleh rata-rata nilai pada kelas eksperimen 11,13 dengan nilai tertinggi 12 dan nilai terendah 10, sehingga kreativitas anak pada kelas eksperimen tergolong dalam kategori tinggi. Sedangkan nilai rata-rata pada kelas control 8,06 dengan nilai tertinggi 9 dan nilai terendah 7, sehingga kreativitas anak pada kelas control tergolong dalam kategori cukup. Uji Normalitas data yaitu dengan uji Liliefors sebagai menunjukkan bahwa data observasi kelas eksperimen Lhitung < Ltabel atau 0,1357 < 0,220, dan data observasi kelas kontrol Lhitung < Ltabel atau 0,2049< 0,220. Hal ini menunjukkan bahwa kedua kelompok data berdistribusi normal.Uji homogenitas observasi pada kelas eksperimen dan kelas control di peroleh Fhitung < Ftabel atau 1,116 < 2,48.Berdasarkan hasil tersebut, hipotesis permainan konstruktif tangram berpengaruh secara signifikan terhadap pengembangan kreativitas anak yaitu dari hasil uji hipotesis diperoleh thitung > ttabel yaitu 11,171 > 1,1753 pada taraf α = 0.05. Dengan demikian permainan konstruktif tangram secara signifikan terhadap pengembangan kreativitas anak usia 5-6 tahundi TK Wijayanta Tigapanah Kabupaten karo.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 374.013 Sin p |
Keywords: | Permainan Konstruktif; Pengertian Tangram; Permainan Balok; Perkembangan Kreativitas; Aspek Kreativitas |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > PG-PAUD |
Depositing User: | Mr Fifri Juanda Harahap |
Date Deposited: | 19 Jul 2016 04:13 |
Last Modified: | 04 Aug 2016 05:47 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/7656 |