Simanjuntak, Dewi (2014) MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TAI PADA PELAJARAN MATEMATIKA SISWA KELAS V SDN 101774 SAMPALI T.A 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
1103111015 COVER.pdf - Published Version
Download (62kB) | Preview
1103111015 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (732kB) | Preview
1103111015 PREFACE.pdf - Published Version
Download (244kB) | Preview
1103111015 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (187kB) | Preview
1103111015 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (93kB) | Preview
1103111015 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (128kB) | Preview
1103111015 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
1103111015 LIST OF CHART.pdf - Published Version
Download (125kB) | Preview
1103111015 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (504kB) | Preview
1103111015 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (168kB) | Preview
1103111015 REFERENCES.pdf - Published Version
Download (128kB) | Preview
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya aktivitas belajar siswa pada pelajaran Matematika kelas V yang diakibatkan pada penggunaan model pembelajaran yang masih didominasi guru dan kurang membangkitkan semangat siswa dalam mengikuti pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa dengan model pembelajaran Kooperatif Tipe TAI. Aktivitas belajar adalah kegiatan yang bersifat fisik dan mental yang dilakukan oleh individu selama melaksanakan proses belajar sesuai dengan kondisi atau situasi yang diperhadapkan dengannya. Berdasarkan pendapat Slavin, TAI merupakan model pembelajaran yang mengadaptasi pengajaran terhadap perbedaan individual dalam kelompok dengan memberi bantuan, saling memberi semangat dan saling memeriksa jawaban dan bertanggung jawab atas keberhasilan kelompok. Jenis Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang terdiri dari dua siklus dengan empat tahapan yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas Va SD Negeri 101774 Sampali yang berjumlah 34 orang sedangkan objek penelitian ini adalah aktivitas belajar siswa pada pelajaran Matematika dengan menggunakan model pembelajaran Kooperatif Tipe TAI. Teknik pengumpulan data adalah observasi terhadap aktivitas belajar siswa dan observasi kegiatan mengajar guru.Berdasarkan analisis data yang diperoleh pada siklus I dan siklus II didapati bahwa aktivitas belajar siswa pada siklus I pertemuan I siswa yang aktif adalah 11 orang siswa dengan persentasi 32,35% sedangkan siswa yang tidak aktif ada 23 orang siswa dengan presentasi 67,64%. Pada siklus I pertemuan II siswa yang aktif meningkat yaitu ada 18 orang siswa dengan persentasi 52,94% sedangkan siswa yang tidak aktif ada 16 siswa dengan persentasi 47,06%. Pada siklus II pertemuan I siswa yang aktif adalah 33 siswa dengan persentasi 97,05% sedangkan siswa yang tidak aktif hanya 1 orang siswa dengan persentasi 2,94%. Kemudian meningkat pada siklus II pertemuan II dengan persentasi 100% dan tidak ditemukan lagi siswa yang menunjukkan aktivitas rendah. Kesimpulan dari hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TAI dapat meningkatkan aktivitas belajar Matematika pada materi perbandingan siswa kelas V SDN 101774 Sampali T.A 2013/2014 .
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 372.92 Sim m |
Keywords: | Aktivitas Belajar; Pembelajaran Kooperatif; TAI; Pembelajaran Matematika; SD; Materi Perbandingan |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Fifri Juanda Harahap |
Date Deposited: | 19 Jul 2016 04:13 |
Last Modified: | 04 Aug 2016 04:50 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/7649 |