Perangin angin, Devi Yani Br (2014) PENGARUH PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA ANAK USIA 5-6 TAHUN DI PAUD JADI MBARU BERASTAGI. Undergraduate thesis, UNIMED.
1103113011 COVER.pdf - Published Version
Download (51kB) | Preview
1103113011 LEMBAR PERSETUJUAN - PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (560kB) | Preview
1103113011 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (134kB) | Preview
1103113011 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (123kB) | Preview
1103113011 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (132kB) | Preview
1103113011 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
1103113011 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
1103113011 BAB I.pdf - Published Version
Download (256kB) | Preview
1103113011 BAB V.pdf - Published Version
Download (92kB) | Preview
1103113011 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (92kB) | Preview
Abstract
Berdasarkan hasil pengamatan yang dilakukan oleh peneliti di Paud Jadi Mbaru, ada beberapa masalah yang muncul dalam pembelajaran matematika yaitu pembelajaran matematika hanya ditekankan pada kemampuan berhitung.Pendekatan pembelajaran matematika yang digunakan tidak dekat dengan pengalaman anak sehari hari.Pengembangan pembelajaran matematika yang disampaikan guru tidak menggunakan pendekatan realistik dalam hidup anak.Guru kurang kreatif dan kurang bervariasi dalam menyediakan media pembelajaran khususnya dalam belajar matematika.Pembelajaran lebih banyak menggunakan buku tugas sehingga anak jenuh dengan kegiatan yang sama dalam belajar matematika.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan pemecahan masalah matematika pada anak usia 5-6 tahun melalui penggunaan pendekatan matematika realistik di PAUD Jadi Mbaru Berastagi. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen, sampel dalam penelitian ini yaitu kelas B1 sebagai kelas eksperimen dan B2 sebagai kelas kontrol yang diambil dengan metode teknik rendom sampling unit (kelas). Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi terstruktur, dan analisis data yang dilakukan dalam penelitian ini yaitu analisis deskriptif dan dengan uji t dengan taraf nyata α = 0,05. Berdasarkan analisis data di atas diperoleh rata-rata nilai pada kelas eksperimen dengan nilai tertinggi 15 dan nilai terendah 12, sehingga kemampuan pemecahan masalah matematika pada kelas eksperimen tergolong dalam kategori tinggi. Sedangkan nilai rata-rata pada kelas kontrol 7,2 dengan nilai tertinggi 9 dan nilai terendah 6, sehingga kemampuan pemecahan masalah matematika anak pada kelas kontrol tergolong dalam kategori cukup rendah. Berdasarkan hasil tersebut hipotesis menyatakan bahwa pembelajaran melalui penggunaan pendekatan matematika realistik berpengaruh secara signifikan terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika anak yaitu dari hasil uji hipotesis diperoleh thitung > ttabel yaitu 16,976 >1,753 pada taraf α = 0,05. Dengan demikian penggunaan pendekatan matematika realistik berpengaruh secara signifikan terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika anak usia 5-6 tahun di PAUD Jadi Mbaru Berastagi.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 372.92 Per p |
Keywords: | Pendekatan; Matematika; Matematika Realistik; Pemecah Masalah Matematika |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > PG-PAUD |
Depositing User: | Mr Fifri Juanda Harahap |
Date Deposited: | 19 Jul 2016 04:13 |
Last Modified: | 04 Aug 2016 02:14 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/7642 |