Siregar, Nova Lannora (2014) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA MELALUI METODE PROYEK DI KELAS V SD SWASTA NASIONAL BERINGIN T.A 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
1103111043 COVER.pdf - Published Version
Download (189kB) | Preview
1103111043 APPROVAL.pdf - Published Version
Download (637kB) | Preview
1103111043 PREFACE.pdf - Published Version
Download (380kB) | Preview
1103111043 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (210kB) | Preview
1103111043 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (431kB) | Preview
1103111043 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (268kB) | Preview
1103111043 APPENDINGS.pdf - Published Version
Download (315kB) | Preview
1103111043 TOBE.pdf - Published Version
Download (315kB) | Preview
1103111043 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (750kB) | Preview
1103111043 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (336kB) | Preview
1103111043 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (351kB) | Preview
1103111043 BIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (306kB) | Preview
Abstract
Masalah utama dalam penelitian ini adalah rata-rata hasil belajar siswa yang masih tergolong rendah. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Apakah dengan menerapkan metode proyek dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA materi cahaya dan sifatnya di kelas VB SD Swasta Nasional Beringin T.A 2013/2014?. Dan tujuan pada penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan dan mengumpulkan data hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA materi cahaya dan sifatnya kelas V-B SD Swasta Nasional Beringin T.A 2013/2014 dengan menggunakan metode proyek.Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek dalam penelitian ini yaitu siswa kelas V B SD Swasta Nasional Beringin T.A 2013/2014 sebanyak 1 kelas, dengan 28 siswa yang terdiri dari 15 siswa laki-laki dan 13 siswa perempuan. Pelakasanaan tindakan dilakukan selama 2 siklus dimana siklus 1 dilakukan 2 kali pertemuan dan siklus 2 hanya dilakukan 1 kali pertemuan. Setiap pertemuan harus melakukan 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Analisis data dilakukan secara kuantitatif dan kualitatif.Berdasarkan analisis data, pada tes awal diperoleh nilai rata-rata 44,46. Setelah pelaksanaan siklus I, diperoleh hasil belajar siswa meningkat secara klasikal yaitu 5 orang siswa (17,86%) tuntas melalui KKM dengan nilai rata-rata 57,32 dan siswa yang tidak tuntas sebanyak 23 orang siswa (82,14%). Selanjutnya pada siklus II, diperoleh hasil belajar siswa yang meningkat secara klasikal yaitu 28 orang siswa (100%) tuntas melalui KKM dengan nilai rata-rata 78,21 dan tidak ada satupun siswa yang tidak tuntas (0%).Berdasarkan dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa metode proyek dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA materi cahaya dan sifatnya kelas V B SD Swasta Nasional Beringin T.A 2013/2014. Saran dalam penelitian ini adalah pola pembelajaran guru hendaknya tidak monoton dengan metode ceramah dan latihan saja, tetapi bisa dikembangkan dengan menggunakan metode pembelajaran yang bervariasi yakni dengan metode proyek, sehingga siswa termotivasi untuk belajar.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 372.35 Sir m |
Keywords: | Hasil Belajar; IPA; Children Centre; Metode Pembelajaran; Metode Proyek |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Fifri Juanda Harahap |
Date Deposited: | 19 Jul 2016 04:13 |
Last Modified: | 28 Jul 2016 03:26 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/7615 |