MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN METODE BRAINSTORMING PADA MATA PELAJARAN IPA DI KELAS V SD NEGERI 101771 TEMBUNG KEC. PERCUT SEI TUAN T.A 2013-2014

Lubis, Ervy Zahra (2014) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN METODE BRAINSTORMING PADA MATA PELAJARAN IPA DI KELAS V SD NEGERI 101771 TEMBUNG KEC. PERCUT SEI TUAN T.A 2013-2014. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1103311026 COVER.pdf]
Preview
Text
1103311026 COVER.pdf - Published Version

Download (51kB) | Preview
[thumbnail of 1103311026 LEMBAR PERSETUJUAN.pdf]
Preview
Text
1103311026 LEMBAR PERSETUJUAN.pdf - Published Version

Download (585kB) | Preview
[thumbnail of 1103311026 KATA PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
1103311026 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (234kB) | Preview
[thumbnail of 1103311026 ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
1103311026 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (483kB) | Preview
[thumbnail of 1103311026 DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
1103311026 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (130kB) | Preview
[thumbnail of 1103311026 DAFTAR TABEL.pdf]
Preview
Text
1103311026 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (125kB) | Preview
[thumbnail of 1103311026 DAFTAR LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
1103311026 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (125kB) | Preview
[thumbnail of 1103311026 DAFTAR GAMBAR.pdf]
Preview
Text
1103311026 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (125kB) | Preview
[thumbnail of 1103311026 BAB I.pdf]
Preview
Text
1103311026 BAB I.pdf - Published Version

Download (443kB) | Preview
[thumbnail of 1103311026 BAB V.pdf]
Preview
Text
1103311026 BAB V.pdf - Published Version

Download (90kB) | Preview
[thumbnail of 1103311026 DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
1103311026 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (214kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 101771 Tembung, jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan menggunakan metode brainstorming sebagai sasaran utama bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan metode brainstorming pada materi daur air di kelas V SD Negeri 101771 Tembung dan untuk mengetahui perbedaan belajar siswa yang menggunakan metode brainstorming dengan yang tidak menggunakan metode Brainstorming pada pembelajaran IPA materi daur air di kelas V SD Negeri 101771 Tembung. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah dengan menggunakan metode brainstorming dapat meninggkatkan hasil belajara siswa pada materi daur air di kelas V SD Negeri 101771 Tembung Kec. Percut Sei Tuan T.A 2013-2014?. Jumlah Subjek Penelitian sebanyak 30 orang siswa yang berasal dari siswa kelas V B pada tahun ajaran 2013-2014, dimana kegiatan dilakukan saat pembelajaran IPA berlangsung. Untuk memperoleh data yang digunakan dalam penelitian ini, penulis melakukan observasi. Adapun teknik analisa data dalam penelitian ini adalah deskripsi kualitatif dengan menguraikan persentase yang digunakan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemberian tugas dengan pembelajaran metode brainstorming dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SD Negeri 101771 Tembung, dengan demikian dapat dikatakan bahwa pembelajaran yang menggunakan metode Brainstorming dapat meningkatkan hasil belajar.Dari hasil temuan penelitian di atas dapat disimpulkan bahwa hasil tes awal siswa masih memiliki tingkat ketuntasan belajar dibawah 80%, yaitu 25 orang siswa (83,33%) yang belum tuntas dan memiliki tingkat ketuntasan belajar dibawah 80% dan sebanyak 5 orang (16,67%) yang telah tuntas dalam belajar dengan rata-rata kelas 43,33, sehingga baik secara individu maupun klasikal kemampuan awal siswa masih tergolong belum tuntas dalam belajar. Pada siklus I terdapat 13 orang siswa (43,33%) yang belum tuntas dan memiliki tingkat ketuntasan belajar dibawah 80% dan sebanyak 17 orang (56,67%) yang telah tuntas dalam belajar dengan rata-rata kelas 63,33. Dengan demikian dapat diketahui bahwa kemampuan siswa dalam memahami materi daur air berdasarkan tingkat keberhasilan secara klasikal masih tergolong belum berhasil. Pada siklus II sebanyak 28 orang siswa (93,33%) yang telah tuntas dalam belajar dan terdapat 2 orang siswa (6,67%) yang belum tuntas dalam belajar dengan nilai rata-rata kelas 81,6. Dengan demikian dapat diketahui bahwa kemampuan siswa dalam memahami materi daur air telah mencapai ketuntasan dalam belajar.Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan metode Brainstorming dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA materi pokok Daur Air di kelas V SD Negeri 101771 Tembung Kec. Percut Sei Tuan T.A 2013-2014.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: 372.35 Lub m
Keywords: Belajar; Hasil Belajar; Metode Brainstorming; IPA; Daur Air
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Fifri Juanda Harahap
Date Deposited: 19 Jul 2016 04:13
Last Modified: 28 Jul 2016 02:30
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/7608

Actions (login required)

View Item
View Item