PENERAPAN METODE DISCOVERY TERPIMPIN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DI KELAS IV SD ADVENT V MEDAN AMPLAS T.A 2013/2014

Samosir, Dinawaty (2014) PENERAPAN METODE DISCOVERY TERPIMPIN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DI KELAS IV SD ADVENT V MEDAN AMPLAS T.A 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. COVER.pdf]
Preview
Text
1. COVER.pdf - Published Version

Download (65kB) | Preview
[thumbnail of 2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[thumbnail of 4. KATA PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
4. KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (134kB) | Preview
[thumbnail of 3. ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
3. ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (85kB) | Preview
[thumbnail of 5. DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
5. DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (131kB) | Preview
[thumbnail of 7. DAFTAR TABEL.pdf]
Preview
Text
7. DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (49kB) | Preview
[thumbnail of 6. DAFTAR GAMBAR.pdf]
Preview
Text
6. DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (49kB) | Preview
[thumbnail of 8. DAFTAR LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
8. DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (50kB) | Preview
[thumbnail of BAB I.pdf]
Preview
Text
BAB I.pdf - Published Version

Download (257kB) | Preview
[thumbnail of BAB V.pdf]
Preview
Text
BAB V.pdf - Published Version

Download (93kB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (976kB) | Preview

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah dengan menerapkan metode discovery terpimpin dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ipa materi sumber daya alam dan penggunaannya Penelitian ini menggunakan desain Penelitian Tindakan Kelas dengan dua siklus, yang terdiri atas 4 tahapan yaitu: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian adalah seluruh siswa kelas IV yang berjumlah 23 siswa.Sedangkan objek penelitian ini adalah hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ipa materi sumber daya alam dan penggunaanya dengan penerapan metode discovery terpimpin.Penelitian ini dilakukan di SD Advent V medan amplas.Alat pengumpul data yang digunakan adalah observasi dan tes dan Kriteria ketuntasan hasil belajar siswa didasarkan ketuntasan secara perorangan dengan nilai ≥ 70.Dan secara klasikal ketuntasan seluruh siswa dikatakan telah berhasil dalam belajar apabila mendapatkan nilai ≥ 80. Berdasarkan tes yang telah dilakukan menunjukkan adanya peningkatan pada hasil belajar siswa, Pre Tes siswa diperoleh data bahwa sekitar 21 orang siswa atau sekitar 91,30% yang hasil belajarnya tergolong belum tuntas, dan 2 orang atau berkisar 8,69% yang hasil belajarnya sudah tuntas dengan nilai rata-rata 44,82. pada setiap siklus Yaitu : Pada siklus I diperoleh data bahwa sekitar 9 orang atau sekitar 39,13% yang hasil belajarnya tergolong belum tuntas, dan 14 orang atau berkisar 60,86% yang hasil belajarnya sudah tuntas dengan nilai rata-rata 71,65.untuk hasil observasi belajar afektif siswa pada siklus I diperoleh nilai sekitar 74,27% dengan kategori cukup dan hasil observasi psikomotorik sekitar 68,26%dengan kategori kurang. Pada siklus II diperoleh data bahwa 3 orang siswa atau berkisar 13,04% yang hasil belajarnya belum tuntas,dan 20 orang atau berkisar 86,95% yang hasil belajarnya sudah tuntas dengan nilai rata-rata 82,17. dan untuk perolehan hasil observasi afektif siswa diperoleh nilai hasil belajar sekitar 81,12% dengan kategori baik dan hasil belajar psikomotoriknya sekitar 83,69% dengan kategori baikDari penelitian tindakan ini dapat disimpulkan bahwa dengan penerapan metode discovery terpimpin pada mata pelajaran Ipa dapat meningkatkan hasil belajar siswa di kelas IV SD Advent V Medan Amplas TA 2013/2014 . Berdasarkan hal tersebut, di sarankan kepada guru untuk menggunakan serta menerapkan metode discovery terpimpin sebagai salah satu alternatif dalam upaya meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA, maupun pada mata pelajaran lainnya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: 372.35 Sam p
Keywords: Hasil Belajar; Metode Discovery Terpimpin; Pengertian Sains di SD; Pembelajaran IPA; Sumber Daya Alam
Subjects: L Education > LC Special aspects of education > LC1035 Basic education. Basic skills education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com
Date Deposited: 19 Jul 2016 04:13
Last Modified: 08 Aug 2016 07:46
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/7599

Actions (login required)

View Item
View Item