Samosir, Dinawaty (2014) PENERAPAN METODE DISCOVERY TERPIMPIN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DI KELAS IV SD ADVENT V MEDAN AMPLAS T.A 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. COVER.pdf - Published Version
Download (65kB) | Preview
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (3MB) | Preview
4. KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (134kB) | Preview
3. ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (85kB) | Preview
5. DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (131kB) | Preview
7. DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
6. DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
8. DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (50kB) | Preview
BAB I.pdf - Published Version
Download (257kB) | Preview
BAB V.pdf - Published Version
Download (93kB) | Preview
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (976kB) | Preview
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah dengan menerapkan metode discovery terpimpin dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ipa materi sumber daya alam dan penggunaannya Penelitian ini menggunakan desain Penelitian Tindakan Kelas dengan dua siklus, yang terdiri atas 4 tahapan yaitu: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian adalah seluruh siswa kelas IV yang berjumlah 23 siswa.Sedangkan objek penelitian ini adalah hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ipa materi sumber daya alam dan penggunaanya dengan penerapan metode discovery terpimpin.Penelitian ini dilakukan di SD Advent V medan amplas.Alat pengumpul data yang digunakan adalah observasi dan tes dan Kriteria ketuntasan hasil belajar siswa didasarkan ketuntasan secara perorangan dengan nilai ≥ 70.Dan secara klasikal ketuntasan seluruh siswa dikatakan telah berhasil dalam belajar apabila mendapatkan nilai ≥ 80. Berdasarkan tes yang telah dilakukan menunjukkan adanya peningkatan pada hasil belajar siswa, Pre Tes siswa diperoleh data bahwa sekitar 21 orang siswa atau sekitar 91,30% yang hasil belajarnya tergolong belum tuntas, dan 2 orang atau berkisar 8,69% yang hasil belajarnya sudah tuntas dengan nilai rata-rata 44,82. pada setiap siklus Yaitu : Pada siklus I diperoleh data bahwa sekitar 9 orang atau sekitar 39,13% yang hasil belajarnya tergolong belum tuntas, dan 14 orang atau berkisar 60,86% yang hasil belajarnya sudah tuntas dengan nilai rata-rata 71,65.untuk hasil observasi belajar afektif siswa pada siklus I diperoleh nilai sekitar 74,27% dengan kategori cukup dan hasil observasi psikomotorik sekitar 68,26%dengan kategori kurang. Pada siklus II diperoleh data bahwa 3 orang siswa atau berkisar 13,04% yang hasil belajarnya belum tuntas,dan 20 orang atau berkisar 86,95% yang hasil belajarnya sudah tuntas dengan nilai rata-rata 82,17. dan untuk perolehan hasil observasi afektif siswa diperoleh nilai hasil belajar sekitar 81,12% dengan kategori baik dan hasil belajar psikomotoriknya sekitar 83,69% dengan kategori baikDari penelitian tindakan ini dapat disimpulkan bahwa dengan penerapan metode discovery terpimpin pada mata pelajaran Ipa dapat meningkatkan hasil belajar siswa di kelas IV SD Advent V Medan Amplas TA 2013/2014 . Berdasarkan hal tersebut, di sarankan kepada guru untuk menggunakan serta menerapkan metode discovery terpimpin sebagai salah satu alternatif dalam upaya meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA, maupun pada mata pelajaran lainnya.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 372.35 Sam p |
Keywords: | Hasil Belajar; Metode Discovery Terpimpin; Pengertian Sains di SD; Pembelajaran IPA; Sumber Daya Alam |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education > LC1035 Basic education. Basic skills education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 19 Jul 2016 04:13 |
Last Modified: | 08 Aug 2016 07:46 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/7599 |