Yusriana, Rizqi (2014) PERBEDAAN HASIL BELAJAR IPA SISWA YANG MENGGUNAKAN STRATEGI QUANTUM TEACHING DAN MENGGUNAKAN STRATEGI MIND MAPS DI KELAS V SDN 104607 SEI ROTAN T.A 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
1103111054 COVER.pdf - Published Version
Download (208kB) | Preview
1103111054 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (256kB) | Preview
1103111054 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (266kB) | Preview
1103111054 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (182kB) | Preview
1103111054 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (209kB) | Preview
1103111054 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
1103111054 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (125kB) | Preview
1103111054 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
1103111054 BAB I.pdf - Published Version
Download (443kB) | Preview
1103111054 BAB V.pdf - Published Version
Download (167kB) | Preview
1103111054 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (167kB) | Preview
1103111054 DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version
Download (97kB) | Preview
Abstract
Masalah dalam penelitian ini yaitu perbedaan hasil belajar IPA siswa yang menggunakan strategi Quantum Teaching dan strategi Mind Maps pada materi daur air di kelas V SDN 104607 Sei Rotan T.A 2013/2014.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa yang diajar menggunakan strategi Quantum Teaching dengan strategi Mind Maps. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Penelitian ini dilaksanakan di SDN 104607 Sei Rotan Pada semester genap T.A 2013/2014. Populasi berjumlah 78 siswa yaitu seluruh siswa kelas V SDN 104607 Sei Rotan T.A 2013/2014 yang terdiri dari 2 kelas yaitu kelas VA dan VB. Pengambilan sampel menggunakan teknik total sampling yaitu jumlah populasi dan sampelnya sama banyak yakni 78 orang siswa kelas VA dan VB SDN 104607 Sei Rotan T.A 2013/2014.Sebelum penelitian dilakukan uji instrumen dengan menguji validitas, reliabilitas, daya pembeda, taraf kesukaran dan pengecoh. Sedangkan pengujian analisis data dilakukan dengan pengujian persyaratan analisis data (uji normalitas dan homogenitas), serta pengujian hipotesis. Hasil uji normalitas menunjukkan bahwa hasil belajar siswa dengan menggunakan strategi Quantum Teaching dan hasil belajar siswa dengan menggunakan strategi Mind Maps memiliki distribusi normal dengan perolehan skor Lhitung < Ltabel, strategi Quantum Teaching dengan Lhitung (0,1383) < Ltabel (0,1419), dan strategi Mind Maps dengan Lhitung (0,0794) < Ltabel (0,1419). Hasil uji homogenitas menunjukkan bahwa hasil belajar siswa dengan menggunakan strategi Quantum Teaching dan hasil belajar siswa dengan menggunakan strategi Mind Maps memiliki varian yang homogen dengan perolehan Fhitung (1,11) < Ftabel (1,71). Dan hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima dengan hasil thitung (3,17) > ttabel (1,67).Berdasarkan hasil analisis data diatas dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar IPA siswa kelas VA yang diajar menggunakan strategi pembelajaran Quantum Teaching dengan kelas VB yang diajar dengan menggunakan strategi pembelajaran Mind Maps pada materi daur air di kelas V SD Negeri 104607 Sei Rotan T.A 2013/2014. Dengan demikian hipotesis yang berbunyi: Terdapat perbedaan hasil belajar siswa yang menggunakan strategi pembelajaran Quantum Teaching dengan strategi Mind Maps diterima.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 372.35 Yus p |
Keywords: | Hasil Belajar; Strategi Pembelajaran; Quantum Teaching; Mind Maps; Pembelajaran IPA |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 19 Jul 2016 04:13 |
Last Modified: | 09 Aug 2016 03:20 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/7590 |