Yursa, Ade Rahma (2014) UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN METODE DEMONSTRASI PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS IV SD MUHAMMADIYAH 17 KEC. MEDAN DENAI T.A 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
108313002 COVER.pdf - Published Version
Download (141kB) | Preview
108313002 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (290kB) | Preview
108313002 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (321kB) | Preview
108313002 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (214kB) | Preview
108313002 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (187kB) | Preview
108313002 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
108313002 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (211kB) | Preview
108313002 DAFTAR GRAFIK.pdf - Published Version
Download (210kB) | Preview
108313002 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
108313002 BAB I.pdf - Published Version
Download (394kB) | Preview
108313002 BAB V.pdf - Published Version
Download (253kB) | Preview
1108313002 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (164kB) | Preview
108313002 DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version
Download (137kB) | Preview
Abstract
Masalah pada penelitian ini adalah rendahnya motivasi siswa dalam pembelajaran IPA untuk materi sifat dan wujud benda yang di sebabkan oleh pembelajaran yang monoton dan kurangnya interaksi antar guru dan siswa . hal ini telah di buktikan melalui tes awal yangdilakukan peneliti. Hasil tes awal tersebut menunjukkan rendahnya motivasi belajar siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan motivasi belajar siswa kelas IV SD pada mata pelajaran ilmu pengetahuan alam khususnya pada materi pelajaran sifat dan wujud benda. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Muhammadiyah-17 Kec Medan Denai berjumlah 30 orang terdiri dari 15 laki –laki dan 15 siswa perempuan. Hipotesis tindakan dari masalah dalam penelitian ini adalah penelitian menerapkan metode demonstrasi yang mengutamakan interaksi dengan lingkungan belajar untuk meningkatkan motivasi belajar pada mata pelajaran IPA Materi pelajaran sifat dan wujud benda siswa kelas IV SD Muhammadiyah-17 Kec Medan Denai. Setelah diterapkanya pembelajaran demonstrasi pada mata pelajarn IPA materi pembelajarn sifat dan wujud benda, maka motivasi siswa pada siklus I menunjukkan bahwa sebanyak 6,6 % siswa yang hasil belajarnya meningkat dan 93 % lainnya belum meningkat. Untuk itu, penelitian memutuskan mengadakan penelitian siklus II dari hasil belajar pada siklus II menunjukkan peningkatan yang besar dari siklus I, yaitu siswa yang tuntas belajar mencapai 93,4% dan siswa yang belum tuntas belajar hanya 3,3%.Maka dari hasil perolehan presentasi di atas, peneliti menyimpulkan bahwa metode demonstrasi dapat meningkatkan motivasi belajar siswa kelas IV SD Muhammadiyah-17 Kec. Medan Denai T.A 2013/2014
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 372.35 Yur u |
Keywords: | Motivasi; Motivasi Belajar; Guru; Kegiatan Belajar; Metode Demonstrasi; IPA; Wujud Benda |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF501 Motivation L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 19 Jul 2016 04:13 |
Last Modified: | 09 Aug 2016 03:32 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/7588 |