Ginting, Santa Rosa (2012) MENINGKATKAN PERKEMBANGAN KOGNITIF ANAK USIA 5-6 TAHUN DENGAN MENGGUNAKAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE MAKE A MATCH DI TK SWASTA KATOLIK ASSISI MEDAN T.A 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.
109113053 COVER.pdf - Published Version
Download (101kB) | Preview
109113053 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (128kB) | Preview
109113053 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
109113053 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
109113053 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (51kB) | Preview
109113053 DAFTAR TABLE.pdf - Published Version
Download (78kB) | Preview
109113053 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (45kB) | Preview
109113053 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
109113053 BAB I.pdf - Published Version
Download (308kB) | Preview
109113053 BAB V.pdf - Published Version
Download (95kB) | Preview
109113053 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (9kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh masalah Rendahnya perkembangan kognitif anak usia 5-6 Tahun. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui penerapan metode Cooperative Learning tipe make a match terhadap peningkatan perkembangan kognitif anak Taman Kanak-Kanak usia 5-6 tahun. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (classroom action research) yang terdiri dari 2 siklus, dimana setiap siklus diadakan 2 kali pertemuan. Rancangan masing-masing siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subyek dalam penelitian ini adalah anak kelas B4 TK Katolik Assisi Medan yang berjumlah 30 orang anak. Obyek penelitian ini adalah meningkatkan perkembangan kognitif anak usia 5 sampai 6 tahun melalui pembelajaran kooperatif dengan tipe make a match. Pelaksanaan penelitiaan pada bulan Maret sampai Juni 2013. Alat pengumpul data yang digunakan peneliti adalah lembar observasi. Hasil analisis siklus I diperoleh data bahwa perkembangan kognitif anak dengan skor rata-rata umum (1,42) berada pada kategori cukup baik. Jumlah persentase 6,7% tergolong sangat baik, 33,3% tergolong baik, 40% tergolong cukup baik dan 40% tergolong kurang. Dari data hasil observasi tersebut perlu adanya pembelajaran yang lebih baik lagi melalui pembelajaran mencari pasangan yang lebih baik pada siklus II. Dari hasil analisis siklus II diperoleh hasil bahwa adanya peningkatan perkembangan kognitif anak dengan skor rata-rata umum 2,57 (sangat baik). Jumlah persentase 73,3% tergolong sangat baik, 6 anak atau 20% tergolong baik, 3,3% tergolong cukup baik dan 3,3% tergolong kurang. Dari hasil temuan penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa melalui metode Cooperative Learning tipe make a match dapat meningkatkan perkembangan kognitif anak usia 5-6 tahun Di Tk Swasta Katolik Assisi Medan T.A 2012/2013.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 374.022 3 Gin m |
Keywords: | Perkembangan Kognitif; Pembelajaran Kooperatif; Make a Match; Fase-fase Perkembangan; Karakteristik |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1139 Early childhood education L Education > LB Theory and practice of education > LB1140 Preschool education. Nursery schools L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > PG-PAUD |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 19 Jul 2016 04:13 |
Last Modified: | 09 Aug 2016 06:38 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/7579 |