Simanullang, Olivia Childa (2013) UPAYA MENINGKATKAN KECERDASAN VISUAL SPASIAL MELALUI KEGIATAN MENGGAMBAR PADA ANAK KELOMPOK B DI TK CAHAYA BANGSA MEDAN TAHUN AJARAN 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.
109113045 COVER.pdf - Published Version
Download (78kB) | Preview
109113045 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (137kB) | Preview
109113045 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (50kB) | Preview
109113045 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (50kB) | Preview
109113045 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (93kB) | Preview
109113045 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
109113045 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (46kB) | Preview
109113045 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
109113045 BAB I.pdf - Published Version
Download (386kB) | Preview
109113045 BAB V.pdf - Published Version
Download (94kB) | Preview
109113045 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (52kB) | Preview
109113045 Lampiran 1.pdf - Published Version
Download (175kB) | Preview
109113045 DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah: Apakah dengan kegiatan menggambar dapat meningkatkan kecerdasan visual spasial pada anak kelompok B di TK Cahaya Bangsa Medan Tahun Ajaran 2012/2013.Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang menggunakan 2 siklus dan setiap siklus 2 kali pertemuan. Subjek penelitian adalah seluruh anak Kelompok B Ebenheazer TK.Cahaya Bangsa Medan.Teknik yang berjumlah 20 orang anak. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan teknik lembar tes unjuk kerja. Teknik analisis data yang dilakukan adalah dengan analisis persentase dan deskriptif.Hasil penelitian pada siklus I ditemukan bahwa pada terdapat 2 orang anak berkriteria sangat baik, 3 orang berkriteria baik, 7 orang berkriteria cukup, dan 8 orang berkriteria kurang. Hal ini menunjukkan bahwa hasil belum mencapai maksimal, sehingga perlu dilakukan perbaikan tindakan pembelajaran pada siklus II. Dari hasil siklus I dilakukan perbaikan tindakan dengan tetap menggunakan kegiatan menggambar akan tetapi pembelajaran dibentuk menjadi kelompok, anak diberi kebebasan untuk menggambar beberapa objek yang disukai dari media yang ditampilkan. Sehingga pada Siklus II, mengalami peningkatan dengan 5 orang anak berkriteria sangat baik, 9 orang baik, 4 orang cukup dan 2 orang anak yang kurang.Dengan demikian maka kegiatan menggambar dapat meningkatkan kecerdasan visual spasial anak pada kelompok B di TK Cahaya Bangsa Medan Tahun Ajaran 2012/2013.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 374.26 Sim u |
Keywords: | Kecerdasan; Visual Spasial; Menggambar; Ciri-ciri Cerdas Spasial |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1139 Early childhood education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > PG-PAUD |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 19 Jul 2016 04:13 |
Last Modified: | 09 Aug 2016 02:36 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/7577 |