Sormin, Youanita Apriana (2014) FAKTOR-FAKTOR PENDUKUNG SISWA BERPRESTASI DI SD JOSUA MEDAN TAHUN AJARAN 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
111431018 COVER.pdf - Published Version
Download (82kB) | Preview
111431018 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (94kB) | Preview
111431018 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (859kB) | Preview
111431018 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (53kB) | Preview
111431018 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (95kB) | Preview
111431018 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (52kB) | Preview
111431018 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (51kB) | Preview
111431018 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (50kB) | Preview
111431018 BAB I.pdf - Published Version
Download (342kB) | Preview
111431018 BAB V.pdf - Published Version
Download (93kB) | Preview
111431018 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (98kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah faktor motivasi belajar, minat belajar, lingkungan keluarga dan faktor lingkungan sekolah secara signifikan mendukung prestasi belajar siswa di SD Josua Medan Tahun Ajaran 2013/2014. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui apakah faktor motivasi belajar, minat belajar, lingkungan keluarga dan faktor lingkungan sekolah mendukung prestasi belajar siswa.Penelitian ini dilaksanakan di SD Josua Medan tahun ajaran 2013/2014 dengan populasi seluruh siswa SD Josua Medan Tahun Ajaran 2013/2014 yang berjumlah 328 siswa. Sampel penelitian ini sebanyak 24 siswa yang tergolong berprestasi atau memiliki rangking 1 sampai 3 dari tiap kelas yaitu kelas III sampai kelas IV. Instrumen yang digunakan adalah angket (motivasi belajar, minat belajar, lingkungan keluarga dan lingkungan sekolah) serta studi dokumentasi (rata-rata nilai raport). Teknik analisis yang digunakan analisis korelasi langsung dan regresi ganda.Hasil penelitian menujukkan bahwa faktor motivasi belajar, minat belajar, lingkungan keluarga dan faktor lingkungan sekolah secara signifikan mendukung prestasi belajar siswa di SD Josua Medan Tahun Ajaran 2013/2014 baik secara terpisah maupun secara bersama-sama (simultan) dengan nilai koefisien korelasi berturut-turut yaitu ry1 = 0,535; ry2 = 0,512; ry3 = 0,618; ry4 = 0,525; dan R = 0,889. Secara simultan diperoleh nilai R Square atau R2 sebesar 0,789. Hal ini berarti faktor motivasi belajar, minat belajar, lingkungan keluarga dan faktor lingkungan sekolah sebesar 78,9% secara bersama-sama (simultan) mendukung prestasi belajar siswa di SD Josua Medan.Dengan demikian berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa faktor motivasi belajar, minat belajar, lingkungan keluarga dan faktor lingkungan sekolah secara signifikan mendukung prestasi siswa dalam belajar di SD Josua Medan Tahun Ajaran 2013/2014. Artinya, siswa dapat meraih keberhasilan dan prestasi yang baik dalam belajar karena didukung oleh banyak faktor baik dari dalam diri siswa (internal) termasuk motivasi dan minat belajar siswa serta didukung faktor dari luar siswa (eksternal) termasuk lingkungan keluarga dan lingkungan sekolah.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 372.8 Sor f |
Keywords: | Prestasi Belajar; Lingkungan Sekolah; Motivasi Belajar; Lingkungan Keluarga; Minat Belajar; Siswa |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1050 Educational Psychology L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 19 Jul 2016 04:13 |
Last Modified: | 02 Aug 2016 06:52 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/7558 |