Astina (2013) MENGEMBANGKAN KECERDASAN EMOSI ANAK USIA DINI MELALUI KARTU BERGAMBAR PADA ANAK KELOMPOK B PAUD BUNDA PERTIWI KEC.MEDAN MARELAN, MEDAN TAHUN 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.
409111019 COVER.pdf - Published Version
Download (166kB) | Preview
409111019 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (296kB) | Preview
409111019 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (163kB) | Preview
409111019 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (423kB) | Preview
409111019 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (213kB) | Preview
409111019 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (219kB) | Preview
409111019 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (128kB) | Preview
409111019 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (169kB) | Preview
409111019 BAB I.pdf - Published Version
Download (323kB) | Preview
409111019 BAB V.pdf - Published Version
Download (50kB) | Preview
409111019 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (139kB) | Preview
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah : Apakah melalui Kartu Bergambar dapat mengembangkan Kecerdasan Emosi Anak Usia Dini Pada Kelompok B Paud Bunda Pertiwi Medan Marelan, Medan Tahun 2012/2013.Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan kecerdasan emosi Anak Usia Dini Pada Kelompok B Paud Bunda Pertiwi Medan Marelan, Medan tahun 2012/2013. Jenis penelitian yang digunakan peneliti adalah Penelitian Tindakan Kelas ( PTK) yang terdiri dari 2 Siklus , setiap siklus dilakukan 2 kali pertemuan. Subjek Penelitian ini adalah anak Kelompok B Paud Bunda Pertiwi yang berjumlah 20 orang. Alat pengumpul data digunakan adalah lembar Observasi. Adapun Indikator yang dibuat adalah mengenali dan merasakan emosi diri sendiri, bersikap toleran, mampu mengendalikan diri, memeiliki kepekaan, memiliki komunikasi yang baik. Hasil Analisis Siklus I diperoleh data bahwa Perkembangan kecerdasan Emosi anak yaitu sebanyak 7 orang ( 35 % ) tergolong Dapat mengerti emosi yang dialaminya, 12 Orang ( 60 % ) Cukup mengerti emosi yang dialaminya sedangkan 1orang ( 5 % ) masih tergolong kurang mengerti emosi yang sedang dialaminya. Dengan hasil observasi Siklus I perlu dilakukan kembali Tindakan Siklus II. Maka peneliti melaksanakan Siklus II dengan hasil yang lebih baik yaitu sebanyak 5 orang ( 25 % ) tergolong sangat dapat mengerti emosi yang dialaminya, 12 orang ( 60 % ) tergolong Dapat mengerti emosi yang dialaminya , 3 orang ( 15 % ) tergolong cukup mengerti emosi yang dialaminya. Dari hasil temuan peneliti tersebut diatas dapat disimpulkan bahwa Kartu Bergambar dapat mengembangkan Kecerdasan Emosi Anak Usia Dini pada Kelompok B Paud Bunda Pertiwi,Medan Marelan, Medan Tahun 2012/2013. Dimana melalui pemanfaatan Kartu bergambar Kegiatan pembelajaran lebih menarik , anak akan mengamati objek materi pembelajaran yang disampaikan guru. Saran peneliti Pengembangan Kecerdasan sangat penting untuk Anak Usia Dini jadi semua pihak seperti sekolah,guru,orang tua , lingkungan bertanggung jawab untuk turutb memberi stimulasi agar kecerdasan emosi anak usia dini terus berkembang ,yang salah satunya menggunakan kartu bergambar.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 374.019 Ast p |
Keywords: | Kecerdasan Emosi; Perkembangan Emosi AUD; Ekspresi Emosi; Cara Menstimulasi Kecerdasan Emosi; Kartu Bergambar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1141 Kindergarten L Education > LC Special aspects of education > LC251 Moral education. Character building |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > PG-PAUD |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 19 Jul 2016 04:13 |
Last Modified: | 02 Aug 2016 03:17 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/7547 |