Radiah (2013) MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN IMAJINASI ANAK USIA 5-6 TAHUN MELALUI PEMANFAATAN LINGKUNGAN SEKITAR DALAM PEMBELAJARAN DI TK KARYA BUNDA LAUT DENDANG MEDAN ESTATE TAHUN AJARAN 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.
109098028 COVER.pdf - Published Version
Download (54kB) | Preview
109098028 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
109098028 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (175kB) | Preview
109098028 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (51kB) | Preview
109098028 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (51kB) | Preview
109098028 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
109098028 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (45kB) | Preview
109098028 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (46kB) | Preview
109098028 BAB I.pdf - Published Version
Download (298kB) | Preview
109098028 BAB V.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
109098028 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (50kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah: (1) Kurangnya guru memanfaatkan lingkungan sekitar sekolah sebagai sumber belajar dalam pembelajaran, (2) Kurangnya guru menggunakan variasi media dalam pembelajaran, (3) Kurang bervariasinya metode yang digunakan guru, sehingga anak sulit dalam mengembangkan aspek – aspek perkembangannya, dan (4) Belum optimalnya perkembangan kemampuan imajinasi anak. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas ( PTK ) yang terdiri dari 2 siklus, dimana setiap siklus diadakan 2 kali pertemuan. Subjek dalam penelitian ini adalah anak kelas B (Apel) yang berjumlah 16 orang anak, yang terdiri dari 9 orang anak perempuan dan 7 orang anak laki- laki. Objek penelitian ini adalah pemanfaatan lingkungan sekitar dalam peningkatan kemampuan imajinasi anak. Tujuan penelitian ini adalah Untuk Mengembangkan kemampuan Imajinasi anak usia 5- 6 Tahun dengan Memanfaatkan Lingkungan sekitar sekolah dalam pembelajaran. Hasil analisis siklus I diperoleh data bahwa perkembangan kemampuan imajinasi anak yaitu sebanyak, 2 orang anak atau (12,5%) yang tergolong sangat tinggi, 3 orang anak (18,75%) tergolong tinggi, 5 orang anak (31,25%) tergolong rendah dan 6 orang anak (37,5%) tergolong sangat rendah. Dari data hasil observasi tersebut sehingga perlu dilakukan pembelajaran melalui pemanfaatan lingkungan sekitar sekolah yang lebih baik pada siklus II. Dari hasil analisis siklus II diperoleh hasil bahwa perkembangan kemampuan imajinasi anak meningkat yaitu, terdapat 10 orang anak atau (62,5%) yang tergolong sangat tinggi, 4 orang anak (25%) tergolong tinggi, dan 2 orang anak (12,5%) tergolong rendah. Dari hasil temuan penelitian tersebut diatas dapat disimpulkan bahwa pemanfaatan lingkungan sekitar sekolah dalam pembelajaran dapat mengembangkan kemampuan imajinasi anak usia 5-6 tahun di TK Karya Bunda Laut Dendang Medan Estate T.A 2012/ 2013.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 374.019 Rad m |
Keywords: | Kemampuan Imajinasi; Anak; Mengembangkan Imajinasi; Jenis-jenis; Taman Kanak-kanak; Lingkungan Alam Sekitar; Peran Guru |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education > LC251 Moral education. Character building L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > PG-PAUD |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 19 Jul 2016 04:13 |
Last Modified: | 29 Jul 2016 04:43 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/7542 |